Laporkan Masalah

PENGARUH KEPERCAYAAN, MODAL SOSIAL DAN IDENTITAS SOSIAL PADA WORDS OF MOUTH DI SITUS JEJARING SOSIAL STUDI EMPIRIS PADA PENGGUNA INSTAGRAM GENERASI Y DAN Z

GILANG RIZKY DEWANTI, Ike Janita Dewi, Dr., M.B.A.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Words of Mouth merupakan pertukaran informasi antara individu satu dengan yang lain. Kegiatan ini melibatkan pemimpin opini dan pencari opini, pemimpin opini memiliki kepentingan untuk mencari informasi dan rekomendasi dari orang lain sedangkan pemimpin opini memiliki keinginan untuk berbagi informasi dengan orang lain yang dimiliki terkait dengan kelebihan, kelemahan dan karakteristik dari sutu produk kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan komunikasi online words of mouth di situs jejaring sosial instagram. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 250 orang dari generasi Y dan Z. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepercayaan, modal sosial dan identitas sosial berpengaruh pada perilaku mencari opini dan perilaku kepemimpinan opini, dan selanjutnya perilaku mencari opini dan perilaku kepemimpinan opini berpengaruh pada keterlibatan komunikasi online words of mouth di situs jejaring sosial instagram.

Words of Mouth is the process of exchange of information between individuals to one another. These activities involve opinion leaders and opinion seekers. Opinion seeking behavior aimed to obtain information and recommendations from others, while the opinion leadership behavior aimed at sharing information with others about the strengths, weaknesses and characteristics of a culinary products. This study aimed to analyze the factors influencing the online communications involvement words of mouth on instagram. The analytical method used is path analysis. This study involved 250 respondents from generation Y and Z. The analysis showed that trust, social capital and social identities influence on opinion-seeking behavior and opinion leadership behavior. Furthermore, opinion-seeking behavior and opinion leadership behaviors affect the involvement of online communication words of mouth on instagram.

Kata Kunci : words of mouth, kepercayaan, modal sosial, identitas sosial, perilaku mencari opini, perilaku kepemimpinan opini./words of mouth, trust, social capital, social identity, opinion-seeking behavior, opinion leadership behavior.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.