Laporkan Masalah

Business Plan Bersih.in. Aplikasi Jasa Pembersih

NADINA HAMIDA, Yulia Arisnani Widyaningsih, MBA., Ph.D

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Pertumbuhan dan perkembangan internet di Indonesia memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan, baik dari sisi komunikasi, ilmu pengetahuan serta potensi bisnis yang menggunakan media internet dalam operasionalnya. Salah satu bisnis dalam dunia internet yang tumbuh subur di Indonesia adalah media sosial dan juga e-commerce. Industri e-commerce di Indonesia tumbuh dengan pesatnya baik untuk e-commerce dengan skala kecil ataupun e-commerce besar milik asing yang juga mendirikan anak perusahaan di Indonesia. Ide yang dimiliki penulis adalah membuat suatu bisnis e-commerce dengan nama Bersih.in. Bersih.in adalah sebuah startup berbasis aplikasi dan situs yang berfokus pada layanan pembersihan. Untuk itu, penulis membutuhkan rencana bisnis yang akan digunakan sebagai pedoman dalam mendirikan dan menjalankan Bersih.in. Penulis membuat recana bisnis dengan suatu pendekatan. Pendekatan yang digunakan menggunakan teori kanvas model bisnis yaitu 9 building blocks. Model bisnis yang dibuat menunjukkan secara ringkas bagaimana Bersih,in menghasilkan pendapatan dengan menjabarkan komponen-komponen lain yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan usaha Bersih.in. Lalu penulis juga menyusun rencana bisnis dengan menggunakan model fungsional yang terdiri dari rencana operasi, rencana manajemen, rencana keuangan dan rencana pemasaran. Hasil analisis menunjukkan usaha layanan pembersihan berbasis aplikasi dan situs ini layak berdasarkan penilaian keuangan berdasarkan NPV,IRR, dan PP. Rencana operasi akan menunjukkan rencana pengembangan produk dan operasional transaksi sehari-hari. Rencana manajemen menunjukkan sumber daya manusia serta struktur organisasi yang akan dibuat. Rencana pemasaran menunjukkan bagaimana Bersih.in memasarkan layanannya serta mengakuisisi Helper yaitu agen yang akan memberikan layanan kepada pelanggan Berdasarkan analisis dan rencana strategi tersebut dibuat rencana aksi dengan jadwal pelaksanaannya.

Growth and trend of the internet in Indonesia brings a lot of influence in life, both in terms of communication process, science and even for business that using internet for their operational. Social media and e-commerce are an example of internet business that thrives in Indonesia. An e-commerce itself growing rapidly in Indonesia, both for small scale e-commerce or even a large-scale e-commerce owned by foreign that establish their subsidiary in Indonesia. Author�¢ï¿½ï¿½s wants to create an e-commerce business named Bersih.in. Bersih.in is an website and application based startup that focused on cleaning services. Therefore, authors need a business plan as a guidance to establish and run the business. The business plan is written by business canvas model approach, which is 9 building blocks. The business model shows how Bersih.in earns revenue by describing all component needed to run Bersih.in. Then, the author�¢ï¿½ï¿½s also made a business plan using functional model consist of operational plan, management plan, financial plan, and marketing plan. The result of analysis shows that this cleaning service with appliaction and website based is worth based on financial assessment on the NPV, IRR and PP. The operating plan shows how to develop and run the business operation. Management plan shows the human resources and organizational structure plan. The marketing plan shows how Bersih.in advertise their services and acquire Helper, the resource that serving the services to customers. Based on those analysis and plans, the action plan and time schedule will be created.

Kata Kunci : media sosial, e-commerce, rencana bisnis, model bisnis, model fungsional, 9 building blocks