Laporkan Masalah

MODEL PENILAIAN UJIAN MATAKULIAH MENGGUNAKAN LATENT SEMANTIC ANALYSIS

KHAIRUL ABRORI S, Dr. Azhari S, N., M.T.

2016 | Tesis | S2 Ilmu Komputer

Penilaian adalah hasil pengukuran pencapaian hasil belajar peserta didik dalam suatu mata kuliah. Esai adalah tipikal ujian yang dianggap bisa menggambarkan pencapaian pemahaman peserta didik terhadap suatu materi kuliah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah metode latent semantic analysis dapat melakukan penilaian ujian esai secara otomatis. Tahapan proses dalam penelitian ini adalah memasukkan soal ujian berikut kunci jawaban, memasukkan jawaban mahasiswa, melakukan praproses dan penilaian ujian menggunakan metode latent semantic analysis. Hasil penelitian ini adalah nilai ujian mahasiswa yang didapat dari sistem penilaian otomatis. Terdapat 50 lembar jawaban mahasiswa yang digunakan untuk pengujian, dengan 23 poin soal ujian. Dari pengujian yang dilakukan, diperoleh besaran nilai standar deviasi terbesar pada penilaian dosen adalah 2.57 dan terkecil sebesar 0 (nol). Sedangkan untuk besaran nilai standar deviasi pada penilaian sistem, yang terbesar adalah 3.28 dan terendah sebesar 0 (nol). Secara umum nilai yang diperoleh peserta ujian dari sistem tidak dapat dikatakan baik. Hal ini mungkin dikarenakan adanya beberapa kesalahan penulisan kata-kata yang dilakukan oleh pengguna sistem terutama dalam penulisan istilah asing, karena sistem tidak dirancang untuk membetulkan kata-kata yang salah penulisannya maka nilai yang didapat oleh user tidak terlalu bagus. Sedangkan dari sisi penilaian oleh manusia, kesalahan penulisan kata tidak terlalu mempengaruhi penilaian.

Assessment is the measurement of the achievement of students in a course. The essay is typical exam is considered to describe the achievement of learners to an understanding course material. This research was conducted to see whether the method of latent semantic analysis can evaluate essay exams automatically. The process steps in this research is to enter the following exam answer keys, input the answer, preprocessing and assessment using latent semantic analysis. The results are student test scores obtained from the automatic scoring system. There are 50 student answer sheets that are used for testing with 23 points exam. Based on tests, the largest standard deviation from lecturer ratter is 2.57 and the smallest standard deviation amounted to 0 (zero). As for the largest standard deviation of sistem ratter is 3.28 and the smallest standard deviation is 0 (zero). Generally, the values obtained examinees of the system can not be said to be good. This may be due to some error in writing the words performed by user, especially in the writing of foreign terms, because the system is not designed to correct the wrong words , the value obtained by the user is not too good. In terms of ratings by humans, the word errors are not unduly affect.

Kata Kunci : Latent Semantic Analysis, Penilaian, Ujian, Mahasiswa

  1. S2-2016-336584-abstract.pdf  
  2. S2-2016-336584-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-336584-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-336584-title.pdf