Laporkan Masalah

PENYUSUNAN PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK BERBASIS BALANCED SCORECARD (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Jayapura)

MITELLA HANIDA K, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.

2016 | Tesis | S2 Akuntansi

Dinas Pendidikan Kota Jayapura merupakan pelaksana urusan wajib dalam penyelenggaraan pemerintah Jayapura. Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Pendidikan Kota Jayapura merupakan sarana mewujudkan visi dan misi yang telah diamanatkan oleh Pemerintah Daerah Kota Jayapura.Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Dinas Pendidikan Kota Jayapura sebagai bentuk pertanggung jawaban atas keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi telah menyusun LAKIP, akan tetapi, bentuk pelaporan LAKIP, indikator kualitatif dan kuantitatif berupa input, output, outcome yang disajikan dalam LAKIP Dinas Pendidikan Kota Jayapura sebagai sasaran indikator kinerja, penilaiannya masih terlihat berfokus pada aspek keuangan. Oleh karena itu, untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian visi dan misi dari Dinas Pendidikan Kota Jayapura diperlukan suatu metode pengukuran kinerja yang tidak hanya dari aspek penyerapan anggaran saja. Perlu dikembangkan sebuah metode pengukuran kinerja yang mampu mengukur kinerja secara menyeluruh, yaitu dengan metode Balanced scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif metode penyusunan pengukuran kinerja dalam pencapaian visi dan misi Dinas Pendidikan Kota Jayapura.Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan.Data dalam penelitian ini dikumpulkan secara langsung melalui obyek dengan metode wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini juga akan menggunakan data arsip atau dokumen. Hasil dari penelitian ini pengukuran tingkat capaian kinerja Dinas Pendidikan Kota Jayapura dilakukan dengan cara membandingan antara anggaran dengan realisasi penggunaan anggaran. Pengukuran tingkat capaian kinerja Dinas Pendidikan Kota Jayapura masih berfokus pada mendeskripsikan penyerapan (realisasi) anggaran disertai indikator input, output dan outcome dari tiap program dan kegiatan instansi.

Dinas Pendidikan Kota Jayapura merupakan pelaksana urusan wajib dalam penyelenggaraan pemerintah Jayapura. Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Pendidikan Kota Jayapura merupakan sarana mewujudkan visi dan misi yang telah diamanatkan oleh Pemerintah Daerah Kota Jayapura.Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Dinas Pendidikan Kota Jayapura sebagai bentuk pertanggung jawaban atas keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi telah menyusun LAKIP, akan tetapi, bentuk pelaporan LAKIP, indikator kualitatif dan kuantitatif berupa input, output, outcome yang disajikan dalam LAKIP Dinas Pendidikan Kota Jayapura sebagai sasaran indikator kinerja, penilaiannya masih terlihat berfokus pada aspek keuangan. Oleh karena itu, untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian visi dan misi dari Dinas Pendidikan Kota Jayapura diperlukan suatu metode pengukuran kinerja yang tidak hanya dari aspek penyerapan anggaran saja. Perlu dikembangkan sebuah metode pengukuran kinerja yang mampu mengukur kinerja secara menyeluruh, yaitu dengan metode Balanced scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif metode penyusunan pengukuran kinerja dalam pencapaian visi dan misi Dinas Pendidikan Kota Jayapura.Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan.Data dalam penelitian ini dikumpulkan secara langsung melalui obyek dengan metode wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini juga akan menggunakan data arsip atau dokumen. Hasil dari penelitian ini pengukuran tingkat capaian kinerja Dinas Pendidikan Kota Jayapura dilakukan dengan cara membandingan antara anggaran dengan realisasi penggunaan anggaran. Pengukuran tingkat capaian kinerja Dinas Pendidikan Kota Jayapura masih berfokus pada mendeskripsikan penyerapan (realisasi) anggaran disertai indikator input, output dan outcome dari tiap program dan kegiatan instansi.

Kata Kunci : absorption, performance measurement, public sector organization, balanced scorecard

  1. S2-2016-343001-abstract.pdf  
  2. S2-2016-343001-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-343001-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-343001-title.pdf