Laporkan Masalah

PERBANDINGAN DISKUSI TUTORIAL DALAM KELAS KECIL DAN KELAS BESAR TERHADAP PENINGKATAN AKUISISI PENGETAHUAN PELAYANAN ANTENATAL PADA MAHASISWA PSIK FK UGM

INDAH DEWI RIDAWATI, dr. Rr. Titi Savitri Prihatiningsih, MA., M.Med.Ed., Ph.D; dr. Widyandana, MHPE., Ph.D

2016 | Tesis | S2 Keperawatan

Latar Belakang. Beberapa kelompok diskusi tutorial di kelas kecil tidak membahas standar nasional pelayanan antenatal terpadu. Diskusi tutorial di kelas besar memiliki metode pembahasan hasil diskusi semua kelompok kecil pada step ke-7. Metode. Penelitian ini menggunakan desain explanatory, metode mixed method. Jumlah sampel pada penelitian adalah 60 mahasiswa blok 2.6 Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Gadjah Mada dan wawancara semiterstruktur kepada 10 responden yang ikut di dalam penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 14 April sampai 16 Juni 2016. Instrumen pengetahuan antenatal terdiri dari 35 soal pilihan ganda yang valid dan reliabel yang diambil dari modul antenatal dengan dua skenario yang dibuat peneliti. Efek dari diskusi tutorial diukur 3 hari setelah perlakuan. Tiga puluh mahasiswa terbagi dalam 3 kelompok diskusi tutorial di kelas kecil pada 3 ruangan berbeda dan 30 mahasiswa pada diskusi tutorial di kelas besar terbagi menjadi 3 kelompok tutorial dalam 1 ruangan mendapatkan 4 kali pertemuan tutorial dengan durasi 50-100 menit setiap pertemuan. Materi berisi pelayanan antenatal. Hasil. Berdasarkan uji t-test berpasangan perbedaan peningkatan rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah diskusi tutorial di kelas kecil sebesar 0.09 (p=0.93, p<0.05) dan 3.62 (p=0.02, p<0.05) pada diskusi tutorial di kelas besar. Data kualitatif menunjukkan bahwa pembahasan bersama hasil diskusi diantara beberapa kelompok diskusi tutorial di kelas kecil dalam satu ruangan pada step ke-7 meningkatkan akuisisi pengetahuan mahasiswa. Kesimpulan. Hasil menunjukkan diskusi tutorial di kelas besar lebih efektif meningkatkan akuisisi pengetahuan pelayanan antenatal daripada kelas kecil.

Background. Not all small tutorial discussion groups discuss national integrated antenatal care. Tutorial discussion in a large class provide discussion together among small discussion groups of the seventh jump. Method. This study was an explanatory design, mixed-methods study. The research sample amounted to 60 student of 2.6 block in the Gadjah Mada University Bachelor Nursing Programme and semistructured interviews conducted on 10 respondents were included in the quantitave study. The data collection conducted on April 14 until June 16 2016. Antenatal knowledge instrument consists 35 multiple choice questions valid and reliable that created on antenatal modul. The effect of tutorial measured after day 3 from the treatment time. Nine-elevent student in 3 small tutorial discussion groups in the different room and 30 student in a large tutorial discussion group divided into 3 small discussion groups in the same room got 4 times tutorial with a time of 50-100 minutes each time. Materials provided include antenatal delivery. Results. Based on paired sample t test in get difference the average value of knowledge before and after the tutorial discussion, average increation of knowledge in small tutorial discussion was 0.09 (p=0.93, p<0.05) and 3.62 (p=0.02, p<0.05) in a large tutorial discussion.The qualitative data analysis showed that discussion together among small discussion groups of the seventh jump can increase knowledge acquisition. Conclusion. The results showed discussion tutorial in a large class more effective increase antenatal care knowledge acquisition than small class.

Kata Kunci : diskusi tutorial, mahasiswa, kelas kecil, kelas besar

  1. S2-2016-338403-abstract.pdf  
  2. S2-2016-338403-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-338403-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-338403-title.pdf