Laporkan Masalah

PERSEPSI ANGGOTA GRUP FACEBOOK "KOMUNITAS HIDROPONIK JOGJA (HI-JO)" TERHADAP PENGEMBANGAN HIDROPONIK

AULIFIA, Subejo, S.P., MSc., Ph.D. ; Ir. Harsoyo, M.Ext.Ed. ; Dyah Woro Untari, S.P., M.P.

2016 | Skripsi | S1 PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN

Penelitian ini dilakukan pada grup Facebook Komunitas Hidroponik Jogja (Hi-Jo) dengan tujuan mengetahui: 1) Karakteristik anggota grup Facebook Komunitas Hi-Jo, 2) Tingkat persepsi anggota grup Facebook Komunitas Hi-Jo terhadap pengembangan hidroponik, dan 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi anggota grup Facebook Komunitas Hi-Jo terhadap pengembangan hidroponik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Pengambilan sampel grup Faccebook dilakukan secara purposif, sedangkan pengambilan sampel member responden dengan acak sederhana. Total sampel berjumlah 7634 member yaitu 52 orang dari grup Facebook Komunitas Hi-Jo. Metode analisis yang digunakan adalah uji proporsi dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik anggota grup Facebook Komunitas Hi-Jo seimbang antara laki-laki dan perempuan, mayoritas pekerjaan pokok pelajar/mahasiswa, mayoritas pekerjaan sampingan pelajar/mahasiswa. Tingkat persepsi anggota grup Facebook Komunitas Hi-Jo dikategorikan tinggi. Keaktifan, pengalaman, dan peran admin berpengaruh positif terhadap persepsi, sedangkan umur, pendidikan dan penggunaan produk/hasil tidak berpengaruh nyata terhadap persepsi.

Research was conducted on the Facebook group Jogja Hydroponic Community, in order to know: 1) Characteristics of the Hi-Jo Community Facebook group members, 2) Level of perception of the Hi-Jo Community Facebook group members towards hydroponic development, and 3) Factors which affect the perception of the Hi-Jo Community Facebook group members towards hydroponic development. The method used in this research was descriptive method with survey techniques. Sampling was undertaken purposively on Facebook group, with random respondents. From the total sample of 7634 members, has been taken 52 people from Hi-Jo Community Facebook group. The analytical method used was the proportion test and multiple linear regression analysis. The research results showed that the characteristics of the Hi-Jo Community Facebook group members was balanced between men and women, the majority of main occupation was student, the majority of secondary occupation was student. The perception level of the Hi-Jo Community Facebook group members was categorized as high. Activeness, experience, and the role of the admin gave a positive effect to perception, whereas age, education and use of the products did not significantly affect the perception.

Kata Kunci : Persepsi, Facebook, Komunitas Hi-Jo, pengembangan, hidroponik

  1. S1-2016-334779-abstract.pdf  
  2. S1-2016-334779-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-334779-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-334779-title.pdf