Laporkan Masalah

Sistem Informasi Bengkel dengan Fasilitas SMS Gateway

ANNISA AVIANTI, Moh. Edi Wibowo, M.Kom., Ph.D

2016 | Tugas Akhir | D3 ILMU KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI SV

Sasino Bikez merupakan sebuah usaha bengkel yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa perbaikan kendaraan, penjualan sepeda motor bekas dan penjualan barang seperti sparepart serta accessories kendaraan. Dalam pengolahan bisnisnya sehari-hari, Sasino Bikez masih melakukan pencatatan data transaksi secara manual di buku catatan. Permasalahan yang dapat terjadi adalah sulitnya mencari riwayat transaksi maupun riwayat perbaikan kendaraan yang telah dilakukan sebelumnya jika ada aduan mengenai kesalahan dalam pemasangan atau pengerjaan dalam perbaikan kendaraan dengan kondisi nota transaksi hilang atau rusak. Selain itu, ketidaktahuan pelanggan kapan kendaraannya selesai diperbaiki dapat berakibat pada menumpukan antrian tunggu. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dibangunlah sebuah Sistem Informasi Bengkel dengan Fasilitas SMS Gateway untuk membantu mengelola proses bisnis yang ada pada bengkel dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan mengirim pesan singkat yang berisi informasi bahwa kendaraanya telah selesai diperbaiki. Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrogaman VB.NET, MySQL untuk pengolahan basis data, Microsoft Visual Studio 2012 untuk pengembangan sistem dan Gammu sebagai aplikasi untuk mengelola proses pengiriman pesan kepada klien.

Sasino Bikez is a workshop which utilizes in vehicle service, motorcycle retail, and spare parts shop, including vehicle's accessories. In the daily business activity, Sasino Bikez still manually undertakes to note data transaction in a workbook. What an obstacle would have existed is difficult to find a transaction history along with vehicle service report which Sasino Bikez has done, if Sasino Bikez's client, who either has lost or broken receipt transaction, complained about a failure of vehicle service. Another problem is the clients who have a lack of information about the time when their vehicles will be done, following a long waiting list. Based on the problems above, Information System of Workshop with An SMS Gateway Facilities was built. The facility is to assist business management in the workhop and improve service for customers by sending a short message, which contains information which informs their vehicles have been repaired. This system is created by using combined language program of VB.NET, MySQL for data processing, Microsoft Visual Studio 2012 for the system development, and Gammu as an application to manage a process of sending a message to clients.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Bengkel, SMS Gateway, VB.NET, MySQL, Gammu

  1. D3-2016-354708-abstract.pdf  
  2. D3-2016-354708-bibliography.pdf  
  3. D3-2016-354708-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2016-354708-title.pdf