Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Komunikasi Electronic Word of Mouth oleh Beauty Blogger pada Niat Konsumen dengan Menggunakan Teori Perilaku Terencana

PUTRI DWYTYO, Suci Paramitasari Syahlani, MM, Dr.

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Perilaku konsumen telah mengalami perubahan seiring perkembangan teknologi komunikasi. Penting bagi pemasar untuk tidak hanya memahami, tetapi juga dapat memprediksi perilaku konsumen saat ini. Menurut Ajzen (1991), Perilaku konsumen dapat diprediksi dengan menggunakan Teori Perilaku Terencana. Penelitian ini menganalisis pengaruh electronic word of mouth (eWOM) oleh beauty blogger pada sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol keperilakuan yang dirasakan, serta hubungan pengaruh eWOM oleh beauty blogger, sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol keperilakuan yang dirasakan pada niat beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eWOM berpengaruh positif pada sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol keperilakuan yang dirasakan. Sikap terhadap perilaku dan kontrol keperilakuan yang dirasakan juga berpengaruh positif pada niat beli. Penelitian ini juga menemukan bahwa variabel norma subjektif tidak berpengaruh pada niat beli. Selain itu, variabel eWOM diketahui berpengaruh negatif pada niat beli.

Consumer behavior has change by the communication technology development. It is important for marketers to not only understand, but also could predict the consumer behavior nowdays. According to Ajzen (1991), consumer behavior can be predicted by using Theory of Planed Behavior. This research analyze the impact of electronic word of mouth (eWOM) by beauty blogger on attitudes toward behavior, subjective norms, and perceived behavioral control, and the impact of eWOM by beauty blogger, attitudes toward behavior, subjective norms, and perceived behavioral control to buying intention. The results showed that eWOM has a positive effect on attitudes toward behavior, subjective norms, and perceived behavioral control. Attitudes toward behavior and perceived behavioral control also have positive effect on purchase intentions. The study also found that subjective norms has no effect on purchase intentions. In addition, eWOM has a negative effect on purchase intentions.

Kata Kunci : electronic word of mouth, attitudes toward behavior, subjective norms, perceived behavioral control, and buying intention.