Laporkan Masalah

perilaku konsumtif mahasiswa universitas gadjah mada dalam penggunaan gadget a

RANI FADILAH, Prof. Dr. Heru Nugroho, SU

2015 | Skripsi | S1 SOSIOLOGI

ABSTRAKSI Seiring dengan kemajuan teknologi di era ini, komunikasi beserta alatnya menjadi sesuatu yang penting untuk dicermati. Hal ini dikarenakan setiap orang memerlukan alat agar dapat mempertahankan hubungan dengan orang lain, selain itu karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan selalu bergantung maka alat komunikasi menjadi sebuah tren baru dalam pasar nasional maupun internasional. Salah satu alat komunikas yang sedang booming saat ini adalah gadget. Kehadiran gadget membawa seseorang pada perilaku konsumtif yang tidak terelakkan. Gadget sebagai alat komunikasi telah bergeser makna dan fungsinya, gadget saat ini telah diartikan sebagai barang memiliki nilai oleh pemiliknya. Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah mengenai bagaimana persepsi mahasiswa pendidikan dokter internasional universitas gadjah mada tentang gadget dan bagaimana perilaku konsumtif pendidikan dokter internasional universitas gadjah mada dalam penggunaan gadget. Mahasiswa pendidikan dokter internasional dijadikan subjek penelitian karena perilaku konsumtif sarat dengan kemewahan, jurusan ini biaya perkuliahannya lebih maahl dibandingkan jurusan lain, oleh sebabnya peniliti menggunakan mahasiswa pendidikan dokter internasional untuk penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah metode kulitatif, dimana peneliti menentukan informannya sendiri yang memenuhi kriteria-kriteria yang peneliti tetapkan. Data yang didapat dianalisa oleh teori fetisisme oleh karl mark, consumer society oleh jean baudrillard dan teori masyarakat tontonan oleh guy debord. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil yang didapat adalah terjadi perubahan persepsi tentang gadget, gadget yang dulunya sebagai alat komunikasi saat ini mahasiswa mempersepsikan gadget sebagai fetisime masa kini. Dimana mahasiswa sangat menggantungkan hidupnya pada gadget. Dalam pemilihan bentuk gadget buka lagi didasari oleh fungsi melainkan bentuk yang dapat diperlihatkan oleh orang lain agar tampil gaya. Hal ini sejalan dengan teori guy debord tentang masyarakat tontonan, mengkonsumsi hanya untuk diperlihatkan oleh orang lain atau pamer. Faktor-faktor yang membuat mahasiswa menjadi konsumsi adalah adanya iklan yang merajalela di dunia pertelevisan dan di media sosial. Iklan mempengaruhi mahasiswa untuk mengkonsumsi lebih dan lebih. selain iklan ada pula lingkungan sekitar yang membuat mahasiswa terpengaruh. Dan juga kecanggihan gadget itu sendiri, semakin hari gadget dibuat semakin canggih dan membuat manusia bergantung pada benda tersebut. Kata Kunci: gadget, perilaku konsumtif, fetisime

ABSTRACT Within the advancement of technology nowadays, communication and its devices are the two important objects to be observed. Everyone needs communication device to maintain contact with another and moreover, human is social being that could not live alone and always depends on someone, thus communication device has become new trend in either national and international market. One of communication devices, so called gadget, is getting famous nowadays. The presence of gadget causes someone's inavitable consumptive behavior. The function and meaning of gadget as communication devidce has swifted, nowadays gadget is something valuable to its owner. Based on those facts, this present research questions the perception of international medical students in Universitas Gadjah Mada concerning gadget and consumptive behavior in the use of gadget. The subject of this research is the students of international medicine department, since consumptive behavior always relates to wealth, and the tuition fee of international medicine department is much more costly than other departments, thus researcher uses international medical students in this research. This research applies qualitative method, in which researcher freely selects the research informants who meet the defined criteria. The collected data were analyze using Karl Mark's fetishism theory, Jean Baudrillard's cosumer society, and Guy Debord's showing off society. The findings show that there is a swift on the perception of gadget, gadget was no longer communication device but today's fetishism in which students' life depends on gadget. In selecting gadget, the consideration is not based on the function but how fancy the gadget is to be shown off to others. It is according to Guy Debord's theory on the showing off society, that consumption is to be shown off to other people. The factors that influence the students' consumptive behavior are the large number of advertisements in television and social media. Ads influences students to consume more and more. In addition to ads, social environment also influences the student and the gadget itslef that is made more sophisticated day by day so that it makes people more dependent on gadget. Keywords: gadget, consumptive behavior, fetishism.

Kata Kunci : gadget, perilaku konsumtif, fetisime