Laporkan Masalah

HUMAS DALAM PENGELOLAAN MEDIA KOMUNIKASI (Studi Deskriptif Aktivitas Humas PT Kereta Api Indonesia dalam Pengelolaan Media Sosial sebagai Media Komunikasi Perusahaan)

RACHMAWAN PRIMADYA SETYAWAN, Adam Wijaya Sukarno, S.IP., M.A.

2014 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Secara keseluruhan, penelitian ini membahas tentang aktivitas Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mengelola media sosial sebagai media komunikasi perusahaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan media sosial yang begitu pesat, baik dilihat dari angka penggunanya maupun jenis dan fasilitas media sosial. Karakteristik media sosial mengubah praktik kehumasan. PT KAI menjadi salah satu perusahaan yang menggunakan media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial, PT KAI dinilai berhasil mengubah citra buruk di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas Humas PT KAI dalam mengelola media sosial sebagai media komunikasi perusahaan. Dalam penelitian ini disajikan pembahasan tentang aktivitas humas dalam mengelola media sosial pada empat tahap manajemen media sosial. Dalam penelitian ini juga dibahas peran Humas PT KAI dalam memanfaatkan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas PT KAI telah menjalankan empat tahapan yang ada dalam proses manajemen media sosial. Dalam pemanfaatan media sosial ini juga, Humas PT KAI telah menjalankan dua level aktivitas, yaitu aktivitas pada level manajerial dan teknis. Pada level manajerial, Humas PT KAI melakukan perencanaan program untuk menentukan tujuan dari sebuah program dan cara mencapainya, hingga melakukan tahap evaluasi untuk mengukur keberhasilan sebuah program. Pada level teknis, Humas PT KAI membuat konten-konten komunikasi, melakukan proses penyebaran informasi dan penyampaian pesan, serta melakukan adminstrasi dalam proses komunikasi.

Overall, this study discuss the activities of Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) when managing social media as a company media communication. This research is based on the rapid development of social media, not only about the number of users but also about the type and facility of social media. Characteristic of social media has changed the practice of public relations. PT KAI become one of many companies which use social media. By utilizing social media, PT KAI is considered successful in changing its negative image in the community. This study use qualitative approach with study descriptive method. The purpose of this research is to describe and analyze the activity of Public Relations PT KAI in managing social media as a company media communication. This research present a discussion of public relations activities in managing social media with the four-stages of social media management. This study also discuss about the role of Public Relations in PT KAI when utilizing social media. The results of this research show that Public Relations of PT KAI has applied four stages in the process of social media management. Also, in utilizing social media, Public Relations PT KAI has applied two levels of activity, these are the activity in managerial level and technical level. In the managerial level, Public Relations of PT KAI is planning a program, determining the purpose, and thinking how to achieve it, up to arranging the evaluation phase to measure a programs success. In the technical level, PR PT KAI is creating communication contents, processing information dissemination and messages delivery, up to doing the administration in the communication process.

Kata Kunci : humas, media sosial, manajemen media sosial


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.