Laporkan Masalah

PEMETAAN ZONA KERENTANAN GERAKAN MASSA DENGAN METODE Analytic Hierarchy Process (AHP) DI DESA TENGKLIK DAN SEKITARNYA, KECAMATAN TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR, PROPINSI JAWA TENGAH

Rya Herfibriani, Dr. Tarsisius Hani Handoko, MBA

2012 | Skripsi | S2 Magister Manajemen

PT Matahari Department Store Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bersaing dalam industri ritel di Indonesia. Persaingan di industri kian pesat seiring dengan terbukanya perdagangan bebas, sehingga sejak lima tahun terakhir banyak department store asing yang turut meramaikan industri ritel. Untuk mempertahankan posisi bersaing dan dapat unggul dari pesaing, PT Matahari Department Store Tbk mengembangkan sumberdaya dan kapabilitas yang dimiliki dengan konsistensi perusahaan terhadap strategi bersaing keunggulan biaya (Cost Leadership). Pada penelitian ini akan dilakukan analisis sumber daya dan kapabilitas dari PT Matahari Department Store TBK dengan menggunakan analisis VRIO yaitu sebuah analisis yang terfokus pada kondisi internal perusahaan. Sumber daya dan kapabilitas perusahaan dapat tercipta dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh PT Matahari Department Store Tbk. Penelitian ini juga menganalisis aktivitas berdasarkan analisis rantai nilai. Setelah melakukan analisis VRIO dan menjabarkan aktivitas utama dan pendukung, maka akan dapat diidentifikasikan keunggulan yang dimiliki oleh PT Matahari Department Store Tbk. Keunggulan yang dapat bertahan dalam persaingan di industri ritel ialah keunggulan yang memenuhi kriteria yang ada dalam analisis VRIO yaitu valuable, rare, inimitable, dan organized. Keunggulan yang memenuhi keempat kriteria tersebut kerap dikenal sebagai keunggulan kompetitif berkelanjutan.

PT Matahari Department Store Tbk is one of the companies competing in the retail business within Indonesia. Competition in the retail industry has increased remarkably coinciding with free trading being more open, shown by the addition of several foreign department stores into the Indonesian retail industry. To maintain a competitive foothold and stay in front of their competitors, PT Matahari Department Store Tbk has developed their own capabilities and resources consistent with their Cost Leadership strategy. In this study will be done an analyis of PT Matahari Department Store Tbk’s capabilities and resources using VRIO analysis, which is an analysis focused on the internal conditions within a company. Capabilities and resources within a company can be created from the activities done by PT Matahari Department Store Tbk. This study also analize using Value Chain analysis. After conducting analysis using VRIO and describing the main and supporting activities within the company, then the competitive advantages of PT Matahari Department Store Tbk is able to be identified. An advantage that can sustain within the competition in the retail industry is an advantage that has the criteria included in the VRIO analysis, that are valuable, rare, inimitable and organized. An advantage that fulfills the four criterias stated above is usually known as a Sustainable Competitive Advantage.

Kata Kunci : analisis VRIO, analisis rantai nilai, keunggulan kompetitif, industri ritel, strategi bersaing


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.