Laporkan Masalah

Evaluasi strategik PT. PLN (Persero) distribusi Jawa Barat

SURYANI, Eka Vitra, Drs. Agastya, MBA.,MPM

2002 | Tesis | Magister Manajemen

Perusahaan Milik Negara (PLN) merupakan perusahaan monopoli yang wilayah usahanya berada seluruh Indonesia. Perubahan lingkungan usaha kelistrikan yang terjadi dengan adanya listrik swasta menyebabkan pergeseran pengelolaan usaha yang sebelumnya mengacu pada jumlah produksi (economic of scale) menjadi optimasi pada setiap bidang usaha (economic ofscope). Dalam pemanfaatannya tenaga listrik secara maksimal, perlu mendhtukan suatu kebijaksanam strategi dan usaha-usaha yang didasarkan pada konsep sikap tenaga listrik, dan usaha untuk menyediakan tenaga listrik yang diperlukan sehingga tujuan akhir dari pembangunan kelistrikan adalah pelayanan penyediaan tenaga listrik yang terus menerus dan merata di seluruh wilayah Republik Indonesia dengan mutu, keandalan, dan jumlah yang cukup, serta dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Tujuan dari evaluasi ini adalah menganalisis visi, misi, dan tujuan perusahaan serta faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi berbagai strategi yang telah ditempuh perusahaan serta memprediksi faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan yang berpengaruh pada kegiatan bisnis yang dijalankan perusahaan selain itu juga mengkaji peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan sehingga dapat pengembangan strategi alternatif dalam rangka memberikan suatu masukan kepada manajemen &lam menghadapi berbagai perubahan saat ini. Had evaluasi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi dalam menghadapi perubahan lingkungan saat ini adalah dengan melakukan strategi defensif karena sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini dengan tetap memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dan berusaha mengurangi kelemahan yang ada serta mengantisipasi peluang dan membuat rencana untuk melakukan tanggapan pilihan terhadap peluang ini. Hal ini juga membantu perencm strategi untuk mengembangkan strategi yang mengubah ancaman menjadi peluang atau keuntungan perusahaan.

-

Kata Kunci : Strategi Perusahaan,Evaluasi,PT PLN


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.