Laporkan Masalah

MODEL PERENCANAAN STRATEGIS SI/TI DAN PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN KESELARASAN STRATEGI BISNIS DAN TI PADA PERUSAHAAN STARTUP DIGITAL MENGUNAKAN KOLABORASI FRAMEWORK WARD PEPPARD DAN SAMM

PUTRI NASTITI, Dr. Ir. Eko Nugroho, M.Si.;Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T.

2016 | Tesis | S2 Teknik Elektro

Berbagai industri startup yang bermunculan menjadi bagian dari era ekonomi kreatif di Indonesia. Tetapi banyak diantaranya yang mengalami kegagalan. Beberapa alasan yang muncul terkait kegagalan sebuah startup diantaranya adalah karena ketidakharmonisan tim, pola pemasaran yang buruk, tidak dibutuhkan oleh masyarakat, tidak ada pendanaan, proses pembangunan produk yang berjalan terlalu lama, serta produk yang tidak berfungsi dengan maksimal. Penelitian ini mengajukan suatu konsep model perencanaan strategis SI/TI untuk industri startup dengan menggunakan kolaborasi antara kerangka kerja Ward Peppard dimana akan dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal baik dari sisi bisnis maupun TI, dengan model SAMM (Strategic Alignment Maturity Model) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi pemicu dan penghambat keselarasan strategi bisnis dan TI. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SWOT, Value Chain, PEST-C, serta Portofolio McFarlan Strategic Grid untuk memetakan solusi sistem informasi yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu model perencanaan strategis SI/TI yang dapat menciptakan keselarasan strategi antara bisnis dan TI dan sesuai dengan budaya industri startup. Dari hasil analisis yang dilakukan pada dua perusahaan startup digital diperoleh hasil tingkat kematangan keselarasan strategi bisnis dan TI. Kedua obyek penelitian mempunyai tingkat kematangan keselarasan strategi yang berada pada level 3 (Established Focused). Model Perencanaan Strategis Sistem Informasi yang dihasilkan dari penelitian ini mencakup strategi SI yang berupa usulan portofolio aplikasi administratif untuk mendukung proses bisnis perusahaan, strategi TI yang berupa usulan pemanfaatan cloud computing secara maksimal, dan strategi manajemen SI/TI yang berupa daftar usulan kegiatan bisnis yang dapat meningkatkan kematangan keselarasan strategi.

The emerging startup companies have become part of the creative economy era in Indonesia. However, many startups fail. Among the reasons for this are disharmony in the team, poor marketing, no market demand for their product or business model, lack of funding, product development that take too long, and products that do not work optimally. This paper proposes a strategic planning of IS/IT concept model for startup companies by combining the Ward Peppard framework and the SAMM model. The Ward Peppard framework carries out analysis of the internal and external business and IT environment, while the SAMM model identifies factors that trigger or inhibit the alignment of business and IT strategy. The analytical tools that are used in this research are SWOT, Value Chain, PEST-C, McFarlan Grid Portfolio. The result of this study are expected to provide a strategic IS/IT planning model that is good for IT and business strategies as well as for startup companies. The result of two startup companies as research examples carry out the level of strategic alignment maturity. Both research objects have the same level, level 3 (Established Focused). Strategic planning of IS/IT includes the IS strategy which is proposed administrative application portfolio to support business processes, IT strategy which is proposed use of cloud computing, and IS/IT management which is proposed a list of business activities that may increase strategic alignment maturity.

Kata Kunci : Startup,Perencanaan Strategis,Ward and Peppard,SAMM

  1. S2-2016-370797-abstract.pdf  
  2. S2-2016-370797-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-370797-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-370797-title.pdf