SOLUSI AVATAR PADA APLIKASI WISATA BERBASIS MEDIA SOSIAL
FAIZ OMAR BARAJA, Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T.;Dani Adhipta, S.Si., M.T.
2015 | Tesis | S2 Teknik ElektroPariwisata atau tour adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi. Dalam melakukan perjalanan wisatanya seorang wisatawan biasanya menggunakan pemandu wisata untuk mengetahui tujuan wisata. Keterbatasan jumlah pemandu wisata yang ada saaat ini menyebabkan wisatawan kesulitan untuk mendapatkan informasi mengenai obyek wisata yang akan dituju. Sebagai solusi atas kendala yang ada, maka pada penelitian ini akan dikembangkan aplikasi wisata. Aplikasi ini akan dikembangkan pada perangkat mobile, dengan tujuan memberikan kenyamanan wisatawan dalam menemukan informasi saat berwisata. Fokus penelitian ini adalah pada kepuasan, kemudahan dan efektivitas pengguna terhadap penggunaan avatar untuk identifikasi karakteristik wisatawan pada aplikasi wisata berbasis media sosial. Atribut-atribut yang ada pada avatar adalah jenis kelamin, wilayah asal dan tipe wisatawan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah usability testing, yaitu dengan mengukur lama waktu yang diperlukan responden untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, jumlah kesalahan yang dilakukan responden dalam menyelesaikan tugas dan kepuasan responden terhadap penggunaan avatar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa avatar pada aplikasi wisata berpengaruh secara signifikan dalam mempercepat, memudahkan dan memberikan kepuasan kepada pengguna dalam identifikasi karakteristik wisatawan
Tourism is a journey made for recreation or vacation and also preparation for this activity. A tourist is someone who travels at least 80 km (50 miles) from his home with recreational purposes. In the course of the tour of the tourists usually use a tour guide to know tourism destinations. The limited number of tour guides availability today has led to difficulties for the travelers to get information about tourism attraction. As a solution to the problems that exist, then in this study developed a tour guide standalone application. This application will be developed on mobile devices, with the goal of providing travelers the convenience of finding information when traveling. The focus of this study is the satisfaction, the ease and effectiveness of the use of avatars for users to identify the characteristics of travelers on an self tour guide based application of social media. The attributes that exist in the avatar is gender, race and type of tourists. The method used in this research is a usability testing, ie by measuring the time it takes the respondent to complete a given task, the number of mistakes made by respondents in completing tasks and satisfaction of respondents to the use of avatars. The results showed that the avatar on the application of self tour guides significant influence in speeding up, facilitate and provide satisfaction to the user in identifying the characteristics of travelers
Kata Kunci : avatar, aplikasi bergerak, wisata, usability,mobile applicataion, self tour guide