Prestasi akademik siswa dalam kaitannya dengan motivasi akademik, persepsi terhadap dukungan akademik dan peran orang tua
MUNA ERAWATI, S.PSI, M.SI, Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA; Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si
2015 | Disertasi | S3 PsikologiPenelitian ini bertujuan mengungkap persepsi siswa terhadap peran ayah dan ibu meliputi ekspektasi akademik, nilai-nilai pendidikan, dan religiusitas, melalui persepsi siswa terhadap dukungan akademik serta motivasi akademik siswa terhadap prestasi akademik siswa. Persepsi siswa terhadap dukungan akademik ayah dan ibu diuji perannya sebagai mediator hubungan antara persepsi siswa tentang religiusitas ayah dan ibu dengan motivasi akademik serta prestasi akademik siswa. Motivasi akademik siswa juga ditinjau perannya sebagai mediator hubungan antara persepsi siswa mengenai religiusitas dan nilai-nilai pendidikan ayah maupun ibu dengan prestasi akademik siswa. Partisipan adalah 231 siswa kelas tujuh dan delapan tinggal bersama orang tua kandung, Muslim, dan memiliki kecerdasan rata-rata. Hasil analisis Lisrel menunjukkan semua variabel independen berkorelasi dengan prestasi akademik siswa, motivasi akademik siswa, dan persepsi siswa terhadap dukungan akademik ayah dan ibu. Persepsi siswa terhadap dukungan akademik ayah dan ibu berperan sebagai mediator hubungan persepsi siswa tentang religiusitas ayah dan ibu dengan motivasi akademik siswa. Persepsi siswa terhadap dukungan akademik ayah dan ibu berperan sebagai mediator bagi hubungan persepsi siswa tentang religiusitas dengan motivasi akademik siswa dan prestasi akademik siswa. Motivasi akademik siswa berperan sebagai mediator bagi hubungan persepsi siswa terhadap nilai-nilai pendidikan dengan prestasi akademik siswa pada persamaan ibu, tetapi tidak berlaku pada persamaan ayah. Kata Kunci: prestasi akademik, motivasi akademik, dukungan akademik orang tua, ekspektasi akademik orang tua, nilai-nilai pendidikan orang tua, religiusitas orang tua
This study was aimed to reveal the student perception of parent's role consist of academic expectations, educational values, and religiosity, which were mediated by student perception of parental academic support and academic motivation on academic achievement. There were 231 seventh and eighth graders who stayed with their biological parents, Moslems, and having average intelligence had been involved in this research. Academic achievement, intelligence quotient, and demographic data were collected by documentation technique. Meanwhile, questionnaire was applied to explore the rest of variables. All instruments have fulfilled criteria not only reliability, but also content validity and construct validity. Data analyzed by structural equation modeling using Lisrel Program. Results showed that all independent variables contribute to student academic achievement, academic motivation, and student perception of parental academic support together. Student perception of parental academic support mediated the correlation of student report of parent religiosity on student academic motivation and achievement. Student academic motivation mediated the contribution of student perception of parents educational values on student academic achievement. Keywords: student academic achievement, student academic motivation, parental academic support, parent academic expectations, parent educational values, and parent religiosity
Kata Kunci : Kata Kunci: prestasi akademik, motivasi akademik, dukungan akademik orang tua, ekspektasi akademik orang tua, nilai-nilai pendidikan orang tua, religiusitas orang tua