KAJIAN PROSPEK INDUSTRI TIWUL BERDASARKAN KEBIASAAN MAKAN MASYARAKAT DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
CIPTANING CAHYANINGRUM, Dr. Ir. Endy Suwondo, DEA; Dr. Ir. Wahyu Supartono; Ibnu Wahid FA, S.TP, M.T
2015 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANDaerah Istimewa Yogyakarta dihuni oleh 3.457.491 penduduk. Sekitar 11,3 % penduduk tinggal di kota dan 88,7 % tinggal di desa. Yogyakarta merupakan kota yang menjunjung tinggi budaya. Salah satu produk budaya masyarakat Yogyakarta khususnya Gunung Kidul adalah tiwul. Pada jaman dahulu tiwul dimakan sebagai pengganti nasi karena mengenyangkan dan lebih murah. Tiwul memiliki karbohidrat yang tinggi namun rendah protein. Hal ini membuat tiwul dianggap kurang bergizi. Perkembangan Yogyakarta sebagai kota wisata menyebabkan tiwul berubah citranya dari makanan pengganti nasi menjadi makanan oleh ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¢����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½ oleh khas Yogyakarta. Akan tetapi adanya globalisasi menyebabkan makanan impor membanjiri pasar ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¢����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯�&Ati
The total of residents in Daerah Istimewa Yogyakarta is 3.457.491, with 11,3% people live in urban area, and 88,7% people live in rural area. Yogyakarta is a city with respect to culture. One of the aspects of cultural value is local food, for example: tiwul. Tiwul is local food from Gunung Kidul region, one of the rural areas in Yogyakarta. In the past when rice is too expensive, tiwul was eaten as staple food substitute. Tiwul contains high carbohydrate but low protein, this made tiwul was considered as less nutritious food. Since Yogyakarta becomes a tourist destination, tiwul change its status to special food from Yogyakarta. From now, as a culture food, tiwul will have good prospects to develop. This research focus on data about strengths and weaknesses of tiwul industry from market side, technical and financial aspects, also data about opportunities and threats of tiwul industry with respect to Yogyakarta people����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¢����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½s habits on tiwul consumption. The research objects are tiwul industries in Gunung Kidul and household in Kalangan and Banyusoca village also domestic tourists. Those data will be analyzed using market structure analysis, SWOT analysis and IFAS & EFAS matrix to create strategies of tiwul industry development. The result of this research show that market structure of tiwul industry is on low concentration position with market type is monopoly competition. Mapping of SWOT shows that tiwul industry could grow faster using growth strategy through vertical integration.
Kata Kunci : kebiasaan makan, tiwul, SWOT, prospek industri