Laporkan Masalah

PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI SOFTWARE MELALUI E-COMMERCE

HESTI TRISNANINGTYAS, SH, Pitaya, SH., M.Hum.

2015 | Tesis | S2 Hukum

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis perlindungan konsumen dalam perjanjian jual beli software melalui e-commerce, serta penyelesaian sengketa dalam hal terjadi konflik di antara para pihak. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dianalisis secara kualitatif dan diuraikan dengan metode deskriptif analitis. Metode kualitatif adalah suatu tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif analitis, yaitu apa yang dinyatakan oleh responden secara tertulis atau lisan, dan juga perilakunya yang nyata, yang diteliti dan dipelajari sebagai sesuatu yang utuh. Metode deskriptif analitis yaitu metode analisis dengan memilih data yang menggambarkan keadaan sebenarnya di lapangan. Analisis data secara kualitatif dilakukan dengan mengelompokan dan menyeleksi data yang diperoleh dari lapangan menurut kualitas dan kebenarannya kemudian dihubungkan dengan teori yang diperoleh dari studi kepustakaan sehingga diperoleh jawaban atas permasalahan mengenai perlindungan konsumen dalam perjanjian jual beli software melalui e-commerce. Berdasarkan hasil analisis, bentuk perlindungan konsumen yang dapat dilakukan dibagi dalam tiga tahap, yang dalam semua tahap transaksi harus dilakukan dengan iktikad baik oleh para pihak yang melakukan transaksi baik konsumen maupun pelaku usaha. Tiga tahap perlindungan konsumen tersebut, antara lain: 1. Perlindungan sebelum adanya transaksi; 2. Perlindungan saat bertransaksi; 3. Perlindungan setelah bertransaksi. Dalam hal terjadi konflik di antara para pihak dapat diselesaikan melalui negosiasi, karena dirasa lebih kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah dan dirasa masih dapat menjaga hubungan baik antara CV Creative Gama Studio dengan konsumen dalam hal terjadi konflik.

This research has purposed to examine and analyze the protection of consumers in sale and purchase agreement of software through e-commerce, and also settlement of dispute in the case of conflict between parties. The data have been obtained from the research literature and field research analyzed qualitatively and described with descriptive analytical method. The qualitative method is a procedure for research that produces descriptive data analytic, what is stated by the respondent in writing or orally, and also the real behavior, which researched and studied as a whole. Descriptive analytical method is a method of analysis to select the data that describes the actual situation on the fact. Qualitative data analysis is done by classifying and selected data that obtained from the field according to the quality and the truth then connected with the theory derived from the study of literature in order to obtain answers to the problems concerning consumer protection in sale and purchase agreement of software through e-commerce. Based on the analysis, the form of consumer protection can be divided into three stages, which in all stages of the transaction must be made in good faith by the parties to a transaction both consumers and business actor. Three stages of the consumer protection are: 1. Protection before the transaction; 2. Protection of the current transaction; 3. Protection after the transaction. In case there is a conflict between the parties can be resolved through negotiation, because it feels more kindship in resolving the problem and it is still able to maintain good relations between CV Creative Gama Studio with consumers in the case of conflict between parties.

Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Perjanjian Jual Beli, E-commerce


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.