Laporkan Masalah

PERILAKU PETANI CABAI DALAM PASAR LELANG DI KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO

EKSA RUSDIYANA, Prof. Dr. Ir. Sunarru Samsi Hariadi, MS.

2014 | Tesis | S2 Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan petani memilih saluran pemasaran berupa pasar lelang serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku petani cabai dalam pasar lelang di Kecamatan Panjatan, Kulon Progo. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif dengan pendekatan kombinasi (mix method) secara berurutan dimana temuan analisis kualitatif dibuktikan dengan analisis kuantitatif dengan program statistik Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar lelang berperan dalam menjembatani informasi pasar dan menyeimbangkan struktur komunikasi antara petani dan pedagang. Melalui peran tersebut petani memperoleh harga jual cabai yang lebih tinggi serta fasilitas layanan atas fungsi pemasaran. Penguatan posisi tawar petani melalui pasar lelang terbentuk karena sistem pemasaran bersama dalam kelompok lelang serta melembaganya pasar lelang. Perilaku petani cabai dalam pasar lelang dipengaruhi oleh peran pengelola pasar lelang atas fungsi pemasaran (terdiri atas fungsi pertukaran dan fungsi penyediaan sarana) serta peran pendukung (terdiri atas peran ketua kelompok lelang dan penyuluh). Hasil analisis SEM yang menunjukkan nilai probability (p) model sebesar 0,668 yang menyatakan bahwa model adalah fit.

This study aims to determine the reason farmer choose auction market as marketing channel and to know the factors that influence behavior of chili farmer in auction market in Panjatan District, Kulon Progo. The method used in this study is descriptive with combination approach (mix method) in a sequence in which the findings of qualitative analysis proved by quantitative analysis with statistic program of Structural Equation Modeling (SEM). The results of study show that auction market play role in mediating market information and balancing communication structure between farmers and traders. Through that role farmers obtain higher selling price of chili and service facility and marketing function. Strengthening the bargaining position of farmer through auction market is formed due to common marketing system in auction groups and institutionalization of auction market. Behavior of chili farmer in auction market is influenced by the role of auction market manager in marketing function (consist of exchange function and provision of facilities function) and also supporting role (consist of the role of auction group leader and instructor). The analysis result of SEM that show probability value (p) of model is about 0,668 states that model is fit.

Kata Kunci : pasar lelang, perilaku, petani


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.