Laporkan Masalah

PENGARUH KEHANDALAN, INFORMASI TENTANG PRODUK DAN ASPEK KOMERSIAL PADA KEPUASAN PELANGGAN PT ATLAS COPCO INDONESIA

Yohanes Fisher Triyunanto Pramana, Bapak Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kehandalan, informasi tentang produk dan aspek komersial pada kepuasan pelanggan di perusahaan industri. Industri yang semakin berkembang dan kompetitif serta masyarakat semakin cerdas dalam menilai kualitas hasil produksi menjadikan perusahaan pemakai alat-alat Industri harus selektif dalam memilih supliernya. Kepuasan pelanggan dalam hal ini perusahaan perusahaan industry semakin membutuhkan keberadaan supplier yang tau apa yang mereka butuhkan, menyediakan produk yang berkualitas serta dengan harga yang kompetitif. Kunci dari keberlangsungan sebuah perusahaan adalah loyalitas dari pelanggan atau konsumennya, terutama di pasar pertumbuhannya sangat kecil. Ketika satu perusahaan menjadi tidak puas tentunya akan semakin sulit perusahaan untuk dapat bertahan. Kehilangan pelanggan biayanya jauh lebih besar dari pada menjaga kepuasan pelanggan, karena biayanya adalah sama dengan mencari konsumen baru. Dalam studi ini membandingkan faktor faktor Kehandalan , Informasi tentang Produk dan Aspek komersial dari supplier pada kepuasan pelanggan. Penelitian menggunakan sampel 100 pelanggan dari berbagai level di perusahaan otomotif yang memiliki hak untuk menentukan dalam memilih supplier. Hasil Analisa penelitian ini menunjukkan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan, dalam penelitian ini informasi tentang produk menjadi faktor tertinggi sebagai penyebab kepuasan pelanggan. Hal ini lah yang menjadi kunci dalam kepuasan pelanggan sehingga tenaga penjual harus dapat memperhitungkan hal ini untuk meningkatkan maket sharenya.

This study aimed to evaluate the effect of reliability, information about the the products, commercial aspect and customer satisfaction in industrial company. Automotive industry are growing and the competition is increasing and intelligent community in assessing the quality of the production makes the user of industrial company must be selective in choosing suppliers. Customer satisfaction in this industry enterprise companies require the existence of a supplier who knows what they need, supply with quality product and at a competative price. The key to the sustainability of a company is the loyalty of the customers, especially in market growth is very small in number. When the company became dissatisfied certainly will be more difficul for the company to survive. Lost customer cost is much greater than of maintaining customer satisfaction, because the cost is the cost for looking for a new customer plus cost to make them wants to use our product again. In this study comparing the reliability factors, information about the product, the commercial aspects of the product and the supplier to customer satisfaction. Study using a sample of 100 users from purchase department, engineer department, maintenace department, production departmen, maangemnt and aslo the owner in the automotive company which has the right to determine in choosing a supplier. Analysis of the results of this study showed all the research hypothesis can be proven, in the study of the Information Product highest factor as a cause of customer satisfaction. This is what is key to customer satisfaction so that the sales person must be able to take this into account to increase the maket share.

Kata Kunci : Kehandalan, Informasi tentang Produk, Aspek Komersial, Kepuasan pelanggan pada industrial supply


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.