ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKA PADA KARANGAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS BILINGUAL SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Lia Amalia Amrina, Dr. Aris Munandar, M.Hum.
2014 | Tesis | S2 LinguistikPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk kesalahan gramatika pada karangan bahasa Inggris siswa kelas bilingual SMP Muhamadiyah 3 Yogyakarta. Kajian tersebut meliputi bentuk dan faktor penyebab kesalahan gramatika dalam karangan bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data diambil dengan metode sadap dengan beberapa teknik yaitu melalui pengumpulan data, observasi, dan pengamatan. Data diambil dari 80 tulisan siswa bilingual dengan populasi berjumlah 318 kalimat dan data yang dianalisis berjumlah 90 kalimat yang mengandung kesalahan gramatika. Data tersebut dianalisis sesuai dengan bentuk kesalahan gramatika dalam bahasa Inggris dan penyebab bagaimana terjadinya kesalahan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan gramatika yang ditemukan dalam karangan bahasa Inggris siswa kelas bilingual terdiri dari kesalahan penambahan (addition), kesalahan penghilangan (omission), kesalahbentukan (misformation), kesalahurutan (misordering). Kesalahan yang sering dilakukan oleh pembelajar ialah kesalahan penghilangan pada tataran penanda bentuk lampau pada kata kerja tidak beraturan (irregular past tense). Faktor penyebab kesalahan terjadi karena faktor linguistik yang dipengaruhi oleh proses interlingual dan intralingual. Kesalahan interlingual terdiri dari kesalahan pengurutan frasa, kesalahan penambahan preposisi, kesalahan konstruksi penggunaan dan penghilangan subjek, kesalahan penggunaan to be, kesalahan penambahan bentuk lampau, dan kesalahan penghilangan bentuk jamak (short plural s/es) Sedangkan kesalahan yang disebabkan oleh faktor intralingual terdiri dari over regularization dan ketidak tahuan kaidah gramatika dalam bahasa Inggris. Kata kunci: Pemerolehan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, Analisis Kesalahan, Gramatika, Interlingual
This research aims to describe grammatical errors made by bilingual students in SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. This research investigates the types of error and cause of grammatical error in writing composition in English. The method used in this research is qualitative-descriptive method. The data are taken by using taping method with some techniques i.e., data collecting, observation, and research. The data population consist of 318 sentences in which 90 sentences with the grammatical error are analyzed. The focuses on the types of grammatical error and the causes of errors. The result of this research shows that the grammatical errors found in the essays of the bilingual class consist of addition errors, omission errors, misformation errors, misordering errors. The error of omission in irregular past tense is the most frequently made by students of bilingual class. The causes of error include linguistics factors, namely inter language and intra language factors. Inter language factors consist of misformation of phrase, addition of preposition, error of subject construction, addition of to be, addition of regular past tense {-ed}, omission of short plural {-s/es}. Meanwhile, intralingual factors consist of over regularization and lack of knowledge about the grammatical rules in English. Key: English language acquisition as foreign language, error analysis, and grammatical rule, inter language
Kata Kunci : Pemerolehan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, Analisis Kesalahan, Gramatika, Interlingual