Laporkan Masalah

Kesalahan Tata Bahasa dalam Situs Resmi Pariwisata Indonesia Berbahasa Inggris

MARIA ERLITA CIPTA SARI, Drs. Tofan Dwi Hardjanto, M.A.

2014 | Skripsi | SASTRA INGGRIS

Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan tata bahasa yang terjadi di situs resmi pariwisata Indonesia yang dikelola oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Riset ini bertujuan untuk mengklasifikasi kesalahan tata bahasa yang ada berdasarkan kategori linguistiknya. Data yang digunakan dalam riset ini diambil dari beberapa artikel yang mengandung kesalahan tata bahasa. Hasil riset ini menunjukkan bahwa dari 11037 kata, ditemukan 150 kesalahan (13.59 tiap 1000 kata). Kesalahan-kesalahan tersebut didistribusikan secara merata pada ketiga menu berdasarkan peninjauan, dengan jumlah angka pada menu News (15.46 kesalahan tiap 1000 kata) yang sedikit lebih banyak dari pada menu Discover Indonesia (12.97) dan Events (12.65). Selebihnya, dari 150 kesalahan, 131 (87.33%) termasuk ke dalam kategori sintaksis dan hanya 19 (12.67%) termasuk ke dalam kategori morfologi. Dari 19 kesalahan morfologi, kesalahan terbanyak terdapat pada pada kesalahan penggunaan nominal modifiers (9 atau 47.37%), diikuti dengan kesalahan penggunaan third person singular verbs (5 atau 26.32%). Sementara pada kesalahan sintaksis, kesalahan terbanyak (102 atau 77.87%) terjadi pada pemakaian noun phrase, diikuti oleh kesalahan pemakaian verb phrase (15 atau 11.45%), coordinating conjunctions (10 atau 7.63%) dan kesalahan pemakaian parallelism (4 atau 3.05%). Dari 102 kesalahan pada penggunaan noun phrase, kesalahan terbanyak (65 atau 63.72%) terjadi karena adanya peniadaan article, terutama definite article. Hasil tersebut menggambarkan kemampuan para penulis yang tidak begitu memahami kapan definite article harus digunakan.

This research attempts to investigate the grammatical errors occuring in the official website of Indonesia’s tourism managed by the Tourism and Creative Economy Ministry of the Republic of Indonesia. It classifies the grammatical errors based on their lingustic categories. The data used in this research were taken from the articles containing grammatical errors. The results show that from 11037 words, 150 errors (13.59 per 1000 words) were found. The errors were evenly distributed across the three menus under investigation, with those in the News menu (15.46 errors per 1000 words) being slightly greater than those in the Discover Indonesia menu (12.97) and the Events menu (12.65). Furthermore, of the 150 errors, 131 (87.33%) belong to the syntactic category and only 19 (12.67%) belong to the morphological category. Out of the 19 morphological errors, the most frequent errors occured in the incorrect use of nominal modifiers (9 or 47.37%), followed by the incorrect use of third person singular verb (5 or 26.32%). As for the syntactic errors, the most common (102 or 77.87%) occured in the use of the noun phrase, followed by the incorrect use of the verb phrase (15 or 11.45%), the coordinating conjunctions (10 or 7.63%) and the incorrect use of parallelism (4 or 3.05%). Out of the 102 errors in the use of the noun phrase, most errors (65 or 63.72%) happened because of the omission of the articles, especially the definite article. The results seem to reflect the ability of the writers which do not clearly understand about the occasions when the definite article must be used.

Kata Kunci : kesalahan tata bahasa, situs pariwisata, morfologi, sintaks, noun phrase, definite article, peniadaan.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.