Laporkan Masalah

PERUMUSAN PRODUK DANA YANG BAIK UNTUK BANK XXX

Eric, Dr. Agus Setiawan, M.Soc.Sc.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Saat ini tidak dapat dipungkiri persaingan di industri perbankan semakin ketat mulai dari bank skala kecil hingga skala besar. Bank XXX yang merupakan salah satu bank swasta nasional dengan skala besar merasakan dampaknya sehingga posisinya menurun dari peringkat kedua menjadi peringkat ketiga karena digeser oleh BRI pada tahun 2008. Produk dana yang dimiliki oleh bank XXX masih belum cukup baik walaupun sudah didukung dengan teknologi, jaringan dan pemasaran yang tergolong cukup baik, bank XXX tetap saja sulit untuk bersaing dengan bank-bank skala besar seperti bank Mandiri, BRI dan BNI. Para nasabah lebih memilih bank Mandiri, BRI dan BNI dalam hal menabung atau menyimpan dana sehingga bank XXX selalu melakukan pengembangan dan penelitian guna mengatasi persaingan yang ada. Melalui penelitian kualitatif dan analisa lingkungan eksternal dengan metode value chain analysis & analisa lingkungan internal dengan metode five competitive forces maka dapat disimpulkan bahwa produk dana yang baik adalah produk dana yang memenuhi kriteria-kriteria yaitu dapat diterima setiap kelas masyarakat, memberikan beberapa manfaat dalam satu produk dana, memberikan keamanan, kenyamanan & imbal hasil yang baik dan dapat dikombinasikan dengan produk dana & produk kredit lain.

Right now it can not be questionable that competition in banking industry become more tight start from small scale bank up to big scale. Bank XXX is one of private bank with big scale, get the effect so its position going down from second place to third place because it is moved by BRI in 2008. Fund product is owned by bank XXX is still good enough although it is already supported by technology, network and marketing that are classified good enough, bank XXX is still difficult to compete with big scale banks such as bank Mandiri, BRI and BNI. Customers rather choose bank Mandiri, BRI and BNI to make saving so bank XXX always make riset and observation in order to settle current competition. Based on qualitative observation and external environment analysis with value chain analysis and internal environment analysis with five competitive forces method so it can be concluded that good saving product is saving product that fullfil criterias such as can be accepted by every people grade, give several benefits in one saving product, give security, pleasure & good interest rate and can be combined with other saving products or credit produts.

Kata Kunci : Produk dana, bank, nasabah, value chain analysis, five competitive forces


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.