Laporkan Masalah

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA TENAGA PENJUAL Studi Kasuspada Sales Promotion GirlPTXYZ Wilayah Jakarta

Ignatius Teddy S, Dr. Neila Ramdhani, M.Si., M.Ed.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Tujuan penelitian ini adalah mencari faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja tenaga penjual (Sales Promotion Girl) pada PT. XYZ wilayah Jakarta. Kinerja tenaga penjual dapat diperoleh jika tenaga penjual tersebut melakukan upaya yang sungguh-sungguh dalam tugas pekerjaannya, terutama dalam mencapai target sales. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan beberapa variabel yang mempengaruhi upaya tenaga penjualan untuk meningkatkan kinerjanya, yaitu self efficacy, kepuasan kerja, umpan balik positif dan umpan balik negatif. Penelitian ini menggunakan beberapa variabel yang diambil dari penelitian terdahulu yang telah dikembangkan, yaitu pada penelitian Sujan et al. (1994), Brown & Peterson (1994), Srivastava et al. (2001), Khrisnan et al. (2002), dan Jaramillo et al. (2008). Populasi dan sampel penelitian yang digunakan adalah seluruh tenaga penjual PT XYZ wilayah Jakarta dengan jumlah 103 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM atau Structural Equation Modeling yang dioperasikan melalui program AMOS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi self efficacy, kepuasan kerja, umpan balik positif dan umpan balik negatif maka semakin besar upaya yang dilakukan tenaga penjual yang mengakibatkan semakin tinggi kinerja tenaga penjual.

The objective of this research are to find factors that can improve the perfomance of salesperson (Sales Promotion Girl) at PT. XYZ of Jakarta area. Salesperson performance can be obtained if the salesperson is doing a real effort in work tasks, especially in achieving sales targets. Therefore, this research uses several variables that affect the sales force effort to improve its performance , there is self efficacy, job satisfaction, positive feedback and negative feedback. This research uses several variables are taken from previous research that have been developed, there is the research from Sujan et al. (1994), Brown and Peterson (1994), Srivastava et al. (2001), Khrisnan et al. (2002), and Jaramillo et al. (2008). Population and sample throughout the research is a salesperson PT XYZ Jakarta area with a number of 103 people. Analysis technique used is Structural Equation Modeling or SEM is operated through the program AMOS version 19. The results showed higher self-efficacy, job satisfaction, positive feedback and negative feedback, is the greater the salesperson's efforts that resulted in the higher performance of salesperson.

Kata Kunci : Upaya Tenaga Penjual, Kinerja Tenaga Penjual, Self Efficacy, Kepuasan Kerja, Umpan Balik Positif, Umpan Balik Negatif, SEM (Structural Equation Modeling)


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.