Analisa Loyalitas Pelanggan dalam Pembelian Melalui facebook.com
Meriem Martha Roma, Dr. Bernardinus Maria Purwanto, M.B.A.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPelanggan yang loyal adalah harapan dari semua pelaku bisnis di manapun bisnis dilakukan, baik itu secara daring maupun bersifat fisik. Banyaknya transaksi bisnis di internet pada masa ini menyebabkan pentingnya meneliti loyalitas pembeli melalui internet. Penelitian ini dikhususkan pada transaksi bisnis yang terjadi di facebook.com karena merupakan salah satu situs dengan pengguna terbanyak. Loyalitas dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya kepuasan pembeli terhadap faktor produk dan tingkat respon, kepercayaan pembeli terhadap kepastian dan sikap pragmatis serta pengalaman pembeli terhadap kesenangan menjelajahi situs dan pengurangan hambatan dengan melakukan pembelian melalui facebook.com. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel tersebut terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Dari hasil uji yang dilakukan diketahui bahwa seluruh variabel secara bersamaan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan namun secara parsial yang mempengaruhi loyalitas adalah kepuasan pembeli terhadap dimensi produk, kepercayaan pembeli terhadap dimensi sikap pragmatis dan pengalaman pembeli terhadap kesenangan menjelajahi situs dan pengurangan hambatan. Keempat variabel tersebut memberikan pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan. Sementara dari nilai R2, variabel yang diuji mampu menerangkan loyalitas pelanggan sebesar 57,4 % sementara sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya.
Loyal Customers are the expectation off business, whether it be online or physical business. The number of business transactions on the internet at this time led to examine customer loyalty through the internet. This study is devoted to business transaction that occur in facebook.com because it is one of sites with a large number of users. Loyalty is influenced of customer satisfaction for products and level of responsiveness, customer trust for assurance and pragmatism, also customer experience for pleasure and hassle reduction. Therefore, this study is to examine how much those variabel influenced to customer loyalty through This reseasch using Multiple Regression methods. The result are all variables simultaneously have on influence on customer loyalty but partially, the only variable wich are have influenced to customer Loyalty are customer satisfaction for product dimention, customer trust for pragmatism dimention, also customer experience for pleasure and hassle reduction dimention. Those variabels have positive influence to customer loyalty. Base on adjusted R2, the variabels are able to explain customer loyalty by 57,4% while the rest is explained by others variabels.
Kata Kunci : pembelian daring, loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan, pengalaman pelanggan