Laporkan Masalah

SISTEM APLIKASI MOBILE ADVERTISING BERBASIS GRAFIS DAN ANIMASI (STUDI: PT. XL AXIATA TBK)

Hanafi, Ir. P. Insap Santosa, M.Sc., Ph.D.

2012 | Tesis | S2 Mag.Tekn.Informasi

Periklanan merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan penjualan. Seiring dengan perkembangan teknologi telekomunikasi mobile, paradigma periklananpun berubah dari media konvensional menuju periklanan mobile. Hal itu dilakukan karena iklan dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Pada masa sekarang iklan dikirim dalam bentuk SMS yang dibroadcast kepada pengguna. User interface aplikasi berbentuk teks, profiling pengguna didapatkan secara acak dan biaya yang relatif mahal ditanggung oleh penerima iklan. Hal tersebutlah yang menjadikan iklan kurang diminati oleh pengguna sehingga iklan belum tepat kepada sasaran. Kelemahan sistem aplikasi mobile advertising disebabkan sistem aplikasi belum mengakomodir prinsip periklanan yang baik antara lain kemampuan menampilkan iklan yang menarik, komunikasi iklan dengan dua arah, user interface yang sesuai prinsip HCI, biaya yang terjangkau oleh masyarakat dan kemampuan mendeteksi perilaku konsumen. Dengan perkembangan teknologi pemrograman pada perangkat mobile yang semakin maju, kapasitas jaringan GSM yang semakin besar sehingga menambah reliabilitas, pertambahan kemampuan komputasi pada perangkat mobile maka kemampuan aplikasi yang diharapkan dapat diwujudkan. Pendeteksian perilaku pengguna dan kemampuan interactivity mempunyai peranan penting dalam menghasilkan iklan yang tepat sasaran. Perilaku pengguna yang dilakukan pada waktu menerima iklan akan terbentuk pola yang dapat diterjemahkan dalam indeks perilaku konsumen. Pola tersebut menjadi bahan analisis untuk menentukan target-target iklan atas suatu produk kepada calon konsumen yang membutuhkan sehingga iklan akan lebih efektif dan efisien.

Advertising is an attempt to increase sales. Along with the growth of mobile telecommunications technology, advertising paradigm has changed from the conventional media to mobile advertising. This was done because the ads can be accessed anytime and anywhere. In the present advertising SMS sent in the form of broadcast to the user. The user interface is text-based applications, user profiling obtained at random and relatively expensive cost borne by the recipient of advertising. This is exactly what makes advertising less attractive to the user so that the ads have not been appropriate to the target. Weaknesses of mobile advertising application system caused the system to accommodate the application is not the principle of good advertising, among others, the ability to display compelling ads, ads with a two-way communication, user interface according to the principle of HCI, the cost is affordable to the community and the ability to detect the behavior of consumers With the development of programming technologies on mobile devices are increasingly sophisticated, the capacity of GSM networks that adds greater reliability, increase computing capabilities on mobile devices, the ability of the application which is expected to be realized. Detection of user behavior and interactivity capabilities have an important role in generating targeted ads. Behavior of the user who performed at the time of receiving advertising will form a pattern that can be translated in the index of consumer behavior. The pattern was the subject of analysis to determine targets for advertising of a product to prospective customers need, so ads will be more effective and efficient.

Kata Kunci : Mobile advertising, user interface, interactivity, perilaku konsumen, HCI.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.