Laporkan Masalah

PELAKSANAAN PEMBIAYAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH SWADAYA (KPRS) MIKRO SYARIAH BERSUBSIDI PADA PT BPR SYARIAH MARGIRIZKI BAHAGIA DI KABUPATEN BANTUL

Kurniati Sri Yahmani, Destri Budi Nugraheni, S.H., M.SI

2011 | Tesis | S2 Magister Kenotariatan

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tujuan yuridis mengenai pelaksanaan Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Swadaya (KPRS) Mikro Syariah Bersubsidi pada PT.BPR Syariah Margirizki Bahagia serta untuk mengetahui bagaimana tindakan yang dilakukan oleh BPR Syariah Margirizki Bahagia dalam menangani nasabah yang tidak mampu membayar. Penelitian ini bersifat yuridis empiris, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengkaji kenyataan yang dikemukakan di lapangan yang kemudian di padupadankan dengan norma sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Perundang-undangan lain yang terkait. Serta dilengkapi dengan penelitian lapangan. Sampel penelitian ini adalah pihak yang terkait atau mengetahui proses Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Swadaya (KPRS) Mikro Syariah Bersubsidi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan ditafsir secara sisitematis dengan menggunakan metoda analisis kualitatif. Berdasarkan analisis hasil tersebut akan diperoleh gambaran yang menyeluruh dan jelas serta sisitematis kemudian akan disesuikan secara deskriptif dalam laporan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembiayaan KPRS Mikro Syariah Bersubsidi ini menggunakan akad istishna dan akad murabahah. Fasilitas ini khususunya diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah, yang ingin membangun atau merenovasi rumah. Adapun pembiayaan KPRS Mikro Syariah ini pihak Bank dalam menyalurkan kepada nasabah melalui tiga tahap yaitu, tahap pertama sebesar 30%, tahap kedua sebesar 40% dan tahap ketiga sebesar 30%. Dalam hal nasabah tidak mampu bayar tepat pada waktunya seperti yang telah diperjanjiakan pada awal akad, maka pihak bank melakukan upaya penyelesaian dengan cara kekeluargaan atau musyawarah antara para pihak sehingga perselisihan dapat diselesaikan dengan cepat dan menghemat biaya, namun apabila tidak menemukan titik temunya barulah pihak bank menggunakan cara penyelesaian melalui jaminan sebagai cara untuk menutup kerugian yang dimiliki oleh pihak bank

This research aims to know juridical objectives of the realization of the Funding of Independent House Ownership Credits (Kridit Pemilikan Rumah Swadana (KPR)) of Subsidized Micro Syariah of PT BPR Syariah Margirizki Bahagia as well as to know any actions which are done by PT PT BPR Syariah Margirizki Bahagia in handling the clients that not afford to pay the credits. This is an empirical and juridical research, that is a research done by study any facts found in the field which are then combined with the norms as what has been regulated in other related laws and action research. The sample of this research were them related or knowing the process of Funding of Independent House Ownership Credits (Kridit Pemilikan Rumah Swadana (KPR)) of Subsidized Micro Syariah. Then, the gathered data were analyzed and interpreted systematically by using qualitative method. Based on the findings, the whole, clear, and systematic description are found and then it will be fitted descriptively in the report of research findings. Basad on the findings, it is can be concluded that this Funding of Independent Ownership House Credits (Kridit Pemilikan Rumah Swadana (KPR)) of Subsidized Micro Syariah uses istishna and murabahah contact. This facility is given especially for the society who was low income and wish to build or renovate their house. In implementing this kind of house ownership credits, the officers of the Bank distribute the credits through three kinds of stages, they are 30% at the first stage, 40% at the second stage, and 30% at the third stage. For the clients who can not afford to pay the credits on time according to what has been agreed at the first agreement, the officers of the Bank will conduct an effort to solve the problem in family way or deliberation between them involved so that the conflict can be solved fast and economize the fee, but if no solution found, the officers of the Bank then use guarantee as the way to finish the problem to cover any disadvantages that they get due to the problem.

Kata Kunci : Bank, Nasabah dan Akad


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.