Laporkan Masalah

PENERAPAN BENEFIT IN KIND DI INDONESIA

Hustianto Sudarwadi, SE., Prof. Dr. Indra Bastian, MBA

2011 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja, gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, dan motivasi layanan terhadap kinerja layanan. Data dikumpulkan berdasarkan kuesioner kepada 101 responden pegawai pemerintah pada Dinas Kesehatan dan Unit Pelayanan Teknis (UPT) yaitu rumah sakit dan Puskesmas yang berada pada Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan metoda penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui peran pemerintah dalam pelaksanaan sistem kesejahteraan sosial yang sesuai dengan UUD 1945 dan UU No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Data dianalisa menggunakan tehnik uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik dan pengujian variabel yaitu regresi berganda, dengan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS 17,0). Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan kerja dan motivasi layanan terhadap kinerja layanan sedangkan kepemimpinan dan komitmen organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja layanan. Hasilnya analisa juga menunjukkan adanya faktor-faktor yang dominan yaitu faktor yang berasal dari individu (pegawai), faktor yang berasal dari insitusi dan faktor finansial.

This study aims to determine the effect of job satisfaction, leadership style, organizational commitment, and motivation of service to the performance of services. Data were collected based on questionnaires to 101 respondents of government employees at the Department of Health and Technical Services Unit (UPT), namely hospitals and health centers located in Yogyakarta Province and Bali Province. This study uses quantitative and qualitative research methods in order to determine the role of government in the implementation of social welfare system in accordance with the UUD 1945 and UU No. 40/2004 on National Social Security System (SJSN). Data were analyzed using the techniques validity and reliability, the classic assumption test and the test variables, multiple regression, using Statistical Package for the Social Sciences (SPSS 17.0). The result showed that there is significant relationship between job satisfaction and motivation of service to the performance of services while the leadership and organizational commitment does not significantly influence the performance of services. The results of analysis also showed that the dominant factors are factors that come from individuals (employees), the factor that comes from institutions and financial factors.

Kata Kunci : Benefit in Kind, Kinerja Layanan Publik, Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.