Strategi PT Smart Telecom dalam menghadapi persaingan di industri telekomunikasi CDMA Indonesia
SIRAJUDDIN, Wakhid Slamet Ciptono, Drs., MBA., MPM
2010 | Tesis | S2 Magister ManajemenTelekomunikasi bergerak sebagai salah satu cara berkomunikasi menjadi bagian dari kebutuhan utama masyarakat Indonesia saat ini. Hal tersebut juga mempengaruhi perkembangan industri telekomunikasi yang semakin bergerak cepat dan memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Ketika pasar semakin selektif untuk memilih diantara keragaman pilihan yang tersedia dan semakin bervariatifnya layanan yang diberikan, maka beban yang ditanggung oleh operator telekomunikasi sabagai penyedia layanan semakin berat. Apalagi konsumen dengan sangat mudahnya beralih ke operator lain. Untuk itu Smart telecom sebagai salah satu operator CDMA memerlukan suatu strategi agar dapat bertahan dan bersaing dalam industri telekomunikasi. Dengan menganalisa lingkungan internal dan eksternal, maka Smart telecom dapat mengetahui peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan yang ada, serta dapat mempertimbangkan alternatif strategi yang akan digunakan untuk menghadapi persaingan yang akan terus meningkat. Smart telecom sebagai pendatang baru di industri telekomunikasi telah memiliki kekuatan dan peluang yang lebih besar daripada kelemahan dan ancamannya. Dan untuk strategi alternatif yang dapat dilakukan oleh Smart telecom adalah memperluas jaringan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memperbesar pangsa pasar, dan meningkatkan pendapatan. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghadapi dan memenangkan persaingan di industri telekomunikasi CDMA di Indonesia.
Telecommunication nowadays has moved from one of way to communicate to become one of needs which important for some part of people in Indonesia. This conditions also gives an impact to the growth of telecommunication industry as a whole, it moves very fast and have a very tight competition among members. When the market now becoming selective in choosing, it makes responsibility for telecommunications operator as a provider of service is increasing. Each customer are easy to move from one Operator to another, that’s why SMART Telecom as one of the CDMA operator need a strategy to overcome these condition, so that the company could exist and compete in the telecommunication industry. By analyzing its internal and external environment, makes SMART Telecom knowing their opportunity, threats, strength, and also weakness that arise for the company, so that SMART Telecom could provide for an alternate strategy to overcome the conditions and facing the tight competition which arise. SMART Telecom is a new comer in Industrial Telecommunication it has their Strength and Opportunity which is bigger than its Weakness and Threats. Alternate strategy that SMART Telecom could do is by wide up their network coverage, improving their human resources, broaden their market share and increasing their income. These strategy need to be applied to overcome and winning the competition at CDMA telecommunication market in Indonesia
Kata Kunci : Strategi, karakteristik industri telekomunikasi, five force analisis, SWOT analisis, Strategy, Telecommunication Industry characteristics, Five Force Analysis, SWOT Analysis