Laporkan Masalah

Kajian papan reklame sebagai salah satu bagian dari rancangan sarana dan prasarana ruang kota :: Studi kasus Jl. Kaliurang Km 4,5-5,8

HAMDANI, Prof. Dr. Ir. Iman Satyarno, M.E

2009 | Tesis | S2 Magister Pengelolaan Sarana dan Prasarana

Papan reklame adalah salah satu media yang berfungsi untuk menginformasikan dan mengiklankan produk atau jasa agar masyarakat tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Tidak terkendalinya pemasangan reklame dalam beberapa tahun ini mengakibatkan kawasan menjadi semrawut, tidak nyaman, dan berkurangnya keindahan kawasan. Banyak terjadi kasus robohnya papan reklame yang merugikan masyarakat khususnya penggun jalan. Berdasarkan hal tersebut di atas maka dilakukan penelitian tentang bagaimana tingkat keamanan dan kenyamanan papan reklame pada suatu kawasan atau jalan. Adapun penelitian dilakukan di Jalan Kaliurang km 4,5 – 5,8 Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat keamanan dan kenyamanan papan reklame . Data yang digunakan data primer dan data sekunder yaitu: pengamatan langsung di lapangan, dokumentasi gambar, inventarisasi papan reklame, angket/ kuesioner, wawancara, dan peraturanperaturan yang terkait. Metode penelitian menggunakan kuesioner dan analisis struktur dengan LRFD ( Load Resistance Factor Design). Dalam analisisnya menggunakan SAP2000. Uji validitas dan reabilitas kuesioner menggunakan program SPSS. Hasil kajian yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Dari hasil kuesioner menyebutkan 40 % responden menyatakan reklame tidak semrawut, 26 % reklame nyaman, 34 % reklame tidak mengganggu pandangan. Dalam hal kebijakan pemerintah terkait peraturan yang dibuat 20 % responden menyatakan pemerintah sudah optimal dalam menangani masalah reklame dan 12 % responden menyatakan pajak yang dibebankan tidak memberatkan. Dari sisi pelayanan 20 % responden menyatakan pelayanan perizinan sudah baik, 15 % responden menyatakan prosedur perizinan tidak berbelit-belit dan 17 % responden menyatakan waktu mengurus perizinan cepat. Keamanan konstruksi papan reklame dengan diameter tiang 450 mm (0,45 m), tebal 7 mm (0,007 m), tinggi tiang 6000 mm (6 m) dan ukuran papan reklame panjang 10 m dan lebar 5 m tidak aman terhadap pengaruh beban yang bekerja. Sedangkan profil tiang dengan diameter 550 mm (0,55 m), tebal 10 mm (0,01 m), tinggi tiang 6000 mm (6 m) dan ukuran papan reklame panjang 10 m dan lebar 5 m aman terhadap pengaruh beban yang bekerja. Pondasi reklame dengan panjang dan lebar 3 m, kedalaman 3 m, dan tebal pondasi 0,4 m belum aman terhadap gaya dan beban yang bekerja. Sedangkan pondasi tiang reklame dengan panjang dan lebar 5 m, kedalaman 5 m, dan tebal pondasi 0,8 m aman terhadap beban dan gaya yang bekerja. Jadi agar konstruksi papan reklame dengan tinggi tiang 6 m dan ukuran papan reklame 10 m x 5 m aman terhadap beban angin 80 km/m2, diameter tiang reklame yang memenuhi syarat yaitu 550 mm (0,55 m) dan tebal 10 mm (0,01 m) dengan dimensi pondasi panjang dan lebar 5 m, kedalaman 3 m, dan tebal pondasi 0,8 m.

Billboard is one of the media which serves as informing and advertising a product or service in order that people are interested in using the offered product or services. The uncontrollable construction of the billboards in the recent years lead to the unorderliness and lack of comfort in many areas. It is common that the billboard collapse which lead the loss of the people and the bypassing people. Based on the above discussion, the research was conducted on the level of the security and the comfort among the billboard found in area or street. The research was conducted on Kaluirang Street km 4.5 – 5.8, Sleman Regency, Yogyakarta. The research is aimed at identifying the level of security and comfort of the billboards. Both primary and secondary data were used, namely: the direct observation in the fiel, picture documentation, inventory of billboard, survey/questionnaire, interviews and structural analysis of LRFD (Load Resistance Factor Design). SAP2000 was used in the analysis. SPSS was adopted to test the validity and relability of the questionnaire. The results of the research were as follows: 40% respondents stated that the billboards were built orderly, 26% comfort and 34% respondent stated that the billboard do not obscure their visions. In relation of the governmental policy, 20% respondents stated that the policy was optimum in dealing with the billboard and 12% responents stated that the imposed tax was easily affordable. From the view of the service, 20% respondents stated that the license service was excellent, 15% respondents stated that the licence procedure was easy to follow and 17% respondent stated that the time for the license gain was relatively quick. The constuction security of billboard with the pole diameter of 450mm (0.45 m), 7 mm (0.007m) thick, 6000 mm (6 m) high and the size of the billboard with the length of 10m and width of 5 m were not secure or safe for the working load. While the billboard with the pole profile of 550 mm (0.55m) diameter, 10 mm (0.01m)thick and 6000 mm(6m)high and the size of bilbboard of 10 m long and 5 m wide was safe for the working load. Th fondation of the billboard with the size of 3 m wide, 3 m deep and the thickness of pondation of 0.4 was not safe enough for the working load. Whild the pondation of billboard with the size of 5 m long, 5m deep and the thickness of pondation of 0.8 m was safe for the working load. Thus in order that the the billboard with 6m high pole and the size of the billboard itself of 10 m long and 5 m wide was safe for the wind load of 80 km/m2, the diameter of the billboard pole should be 550 mm (0.55m) and the thickness of the board should be 10 mm(0.01m) wih the dimension of pondation of 5 m long and wide, 3 m deep and 0,8 m thick.

Kata Kunci : Papan reklame,SArana dan prasarana,Keamanan dan kenyamanan,


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.