Laporkan Masalah

Pengaruh metode tutor sebaya terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SMA

ALWI, Muhammad Muhib, Prof. Dr. Masrun, M.A

2009 | Tesis | S2 Magister Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris tentang pengaruh metode tutor sebaya terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Matematika siswa SMA. Selain itu juga ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa SMA. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sukosari Bondowoso batas usia antara 14-18 tahun. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 75 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas X-1 (sebagai kelompok kontrol) terdiri dari 38 siswa dan kelas X-2 (sebagai kelompok eksperimen) terdiri dari 37 siswa. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara random. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan alat ukur dengan jenis skala dan metode tes, dimana terdapat satu skala motivasi belajar dan satu skala minat siswa terhadap metode tutor sebaya, dan empat bentuk tes prestasi belajar Matematika serta satu tes inteligensi (SPM). Model statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-test, analisis kovarian (anakova), dan analisis regresi (anareg). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) ada pengaruh metode tutor sebaya terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan oleh hasil uji independent samples t-test antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen dimana nilai t = -9,390 dan nilai p = 0,000 (p<0,05), b) ada pengaruh metode tutor sebaya terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan oleh hasil uji independent samples t-test antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen dimana nilai t = -18,419 dan nilai p = 0,000 (p<0,05) dan dengan mengontrol intelegensi diketahui bahwa ada pengaruh metode tutor sebaya terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan oleh nilai F =100,985 dan p = 0,000 (p< 0,05) dengan nilai p untuk inteligensi sebesar 0,02 (p<0,05), c) ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa SMA yang dintunjukkan oleh nilai p= 0,001 (p<0,005) dan R Square= 0,137.

The study purposed to test empirically about the effect of peer tutoring method to learning motivation and students’ academic achievement in mathematics of senior high school (SMA). Furthermore the study aimed to find out about the effect of learning motivation to academic achievement in mathematic. The subject of the study is students of ones’ state senior high school (SMA Negeri1) Sukosari-Bondowoso age within 14-18 years old. The total of sample this study is 75 sudents at two class, which they are 38 students at X-1 clas (they are control group) and 37 students at X-2 clas (they are experiment group). The subject of the study choosen by random sampling technique. The device used in this study are scale and test type, which there are one type of scale learning motivation and one type of scale student’s respect to peer tutoring method, four types of academic achievement in mathematic test and one type of intelligence test (SPM). Statistic model to test hypothesis used in this study is t-test model, covariant analysis model, and regression analysis model. The result of this study showed that: a) there are effect of peer tutoring method to learning motivation which shown result of analysis independent samples t-test between control group and experiment group by t = -9,390 and p = 0,000 (p<0,05), b) there are effect of peer tutoring method to academic achievement in mathematic which shown result of analysis independent samples t-test between control group and experiment group by t = -18,419 and p = 0,000 (p<0,05), and by controlling intelligence showed, there are effect of peer tutoring method to academic achievement in mathematic which shown by F = 100,985 and p = 0,000 (p< 0,05) and p for intelligence = 0,02 (p < 0,05), c) there are effect of leraning motivation to students’ academic achievement in mathematic of state senior high school Sukosari- Bondowoso which shown by p = 0,001 (p < 0,005) and R Square = 0,137 (13,7%).

Kata Kunci : Metode tutor sebaya,Motivasi belajar,Prestasi belajar matematika, peer tutoring method, learning motivation, and mathematics academic achievement


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.