Evaluasi pemanfaatan sistem real time online (RTO) dalam penerimaan siswa baru (PSB) di jenjang pendidikan menengah Kota Yogyakarta
GUNADI, Ami, Ir. Leksono Probo Subanu, MURP., Ph.D
2008 | Tesis | S2 MPKDLayanan publik yang lebih mengedepankan aspek tranparansi, akuntabilitas, dan efektivitas perlu segera diwujudkan. Dalam bidang layanan pendidikan, sistem lama seperti sistem tes dan sistem rayon yang melelahkan sudah tidak sesuai lagi dengan tuntutan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program peningkatan pelayanan pendidikan khususnya dalam kegiatan penerimaan siswa baru (PSB) di Kota Yogyakarta yang telah menerapkan sistem Real Time Online (RTO) sebagai kebijakan yang te1ah berjalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif dan metode deskriptif-kuantitatif. Sedang lokasi penelitian di SMA dan SMK Kota Y ogyakarta yang mengikuti PSB sistem RTO tahun 2007. Jumlah populasi ada 90 operator dan 6.328 orang tua siswa. Dari 90 operator diambil semua untuk sampel, sedang untuk orang tua siswa diambil 330 orang tua dengan random sampling dan proporsional. Teknik pengumpulan data dan pengukuran menggunakan kuesioner dan Likert berskala 5 (lima). Variabel yang diamati untuk mengukur tingkat efektivitas adalah: (1) bagi operator meliputi: kemanfaatan, kemudahan penggunaan, kesesuaian dengan pekerjaan, keuntungan relatif dan hasil yang diharapkan; (2) bagi orang tua siswa meliputi: kemudahan, keakuratan, ketepatan waktu, kelengkapan, keamanan, obyektivitas, transparansi dan akuntabi1itas. Analisisis Chi Square digunakan untuk mengetahui hubungan tingkat efektivitas dengan karakteristik operator maupun dengan orang tua siswa. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) tingkat efektivitas sistem RTO bagi operator dalam PSB adalah sangat tinggi; (2) tingkat efektifitas sistem RTO bagi orang tua siswa adalah tinggi; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat efektivitas dan tingkat pendidikan operator; (4) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat efektifitas dan umur orang tua siswa. Penelitian ini mengindikasikan bahwa pemaanfatan sistem RTO terbukti mampu meningkatkan kinerja penye1enggara/operator yang sangat tinggi. Sistem ini sekaligus mampu mengatasi kekurangan-kekurangan dalam sistem lama yang me1elahkan serta memiliki implikasi positif pada peningkatan pelayanan kepada orang tua siswa. Dengan kata lain, sistem RTO bukan sekedar 'alat' (tool) akan tetapi terbukti mampu memberikan layanan publik yang baik, yang lebih mengedepankan aspek tranparansi, akuntabilitas, efektivitas dan tata pemerintahan yang baik khususnya didalam PSB.
Public services wich are more transparent, accountable, and effective have to be immediately realized. In the education sector, the old system like system of test and rayon is exhausting system and inappropriate again the social demand. The objective of this research is to evaluate the new program for New Student Enrollment activity through Real Time Online (RTO) in the City of Yogyakarta. This research used deductive approach, utilized quantitative-descriptive method. The locus of the reasearch were at High Schools (SMA) and Vocational Schools (SMK) in Yogyakarta City. The population were 90 operators and 6.238 student’s parent. From 90 operators, all were taken as sample. In addition, 330 student’s parent were choosen as sample by random and proportional sampling. The data analysis were using Likert method with the 5 scales. Two variables were meassured include: (1) for operator consist of: usefullness, ease of use, job-fit, relative advantage and outcome of expectations; (2) for student’s parent consist of: easeness, accuracy (data), accuracy (time), completement, security, obyektivity, transparency and accountability. Chi Square analysis were used to know the association of the effectivity with the characteristic of the operator’s and also the student’s parent. The research shows that: (1) the effectivity of RTO system for operator in New Student Enrollment activity (PSB) was in a very high category; (2) the effectivity of RTO system for student’s parent was in a high category; (3) there was a significant relation between effectivity and operator’s education; (4) there was also a significant relation between effectivity and the age of student’s parent. The research indicates that the implementation of system RTO proven to be able to improve the operator performance. This system significantly improve the old system. It also gives positive implications to the student’s parent. The RTO system is not only an effective tool, but it also improve public service in terms of the transparency, accountability, and effectivity.
Kata Kunci : Sistem real time online,Operator dan orang tua siswa,Efektifitas, Effectivity, RTO system, Operator and Student’s parent