Model penilaian billboard di Kota Yogyakarta
SYARIFUDIN, Aries, Dr. Fahmy Radhi, M.B.A
2008 | Tesis | S2 Magister Ekonomika PembangunanBillboard sebagai personal property dinilai seperti real propery, dan penilaian tersebut digunakan untuk perhitungan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model estimasi nilai billboard dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi nilai billboard di Kota Yogyakarta. Obyek dari penelitian ini adalah billboard yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data kerat lintang yang diperoleh dengan cara wawancara telepon dengan outdoors advertising dengan jumlah sampel sebanyak 33 data yang diperoleh dari 12 perusahaan outdoors advertising. Data sekunder berupa perijinan, klasifikasi lokasi, dan data-data tentang billboard yang ada di Kota Yogyakarta diperoleh dari Kantor Pelayanan Pajak Daerah Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan metode OLS (Ordinary Least Squares). Analisis regresi yang digunakan mengukur pengaruh faktor ukuran bidang, umur konstruksi, tipe muka, dan faktor lokasional billboard di wilayah penelitian. Dari keempat bentuk model yaitu linier, semilog (log lin dan lin log) dan log linier, terpilih bentuk model log linier sebagai yang terbaik. Bentuk model ini memiliki koefisien determinasi (R2) sebesar 0,91. Ini berarti, 91,34% variasi variabel tak bebas mampu dijelaskan oleh variasi variabel bebasnya. Dalam pembentukan model estimasi dilakukan pengujian berdasar kerangka kerja teoritik dan statistik sehingga dapat dihasilkan model estimasi nilai billboard yang akurat. Dari hasil analisis regresi dan pengujian kriteria statistik diketahui bahwa variabel ukuran bidang billboard, tipe billboard , dan nilai strategis lokasi memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai billboard, sedangkan variabel umur konstruksi billboard menunjukkan pengaruh secara negatif dan signifikan sesuai dengan hipotesis yang diajukan dan sesuai dengan teori yang dijadikan sebagai landasan dalam penelitian ini.
As personal properties, billboards are valued like real property and that valuation used for tax calculation. This research aimed to estimate factors that influence billboard value in the area of Yogyakarta City. Object of this research was billboard located in Yogyakarta City. To achieve the research goal, 33 cross sectional data of telephone interview from 12 outdoors advertising companies were collected. As secondary data are license, classification of location, and list of billboard population in Yogyakarta City collected from Kantor Pelayanan Pajak Daerah Kota Yogyakarta. This research use multiple regression analysis with OLS. Regression analysis that used to measure influence of factors are lot size, age of construction, frontage type, and billboard location in research area. From four model of regression are linear, semilog (log lin and lin log), and log linear. Log linear model choosen as the best model. That model have coefficient of determinacy about 0,91. It mean 91,34% variation of dependent variable can explained by variation of its independent variables. In estimation model formulation carry out test based on theoretic and statistic frame work due to get value estimation model of billboard accurately. From regression analysis and test of statistic criteria was identified that lot size, frontage type, and strategic value of location was significantly influenced that related positively to billboard value. Meanwhile age of construction was significantly influenced that related negatively. That result fitted with hypothesis and theory that presented as base in this research.
Kata Kunci : Billboard,Personal property,Outdoors advertising