Laporkan Masalah

Segmentasi pasar jasa pelayanan kesehatan karyawan di Bandara Soekarno-Hatta

HANDAYANINGRAT, Agastya, SE.,MBA.,MPM

2008 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Manaj. Rumah Sakit)

Latar Belakang : PT (Persero) Angkasa Pura II adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pengelolaan bandar udara dan pelayanan lalu lintas udara. Peningkatan jumlah penumpang yang demikian cepat mengakibatkan Bandara Udara merupakan salah satu pasar potensial sebagai pengembangan jasa pelayanan kesehatan. Untuk itu diperlukan strategi dalam menentukan pasar potensial mana yang akan dibidik oleh Klinik Sentra Medika selaku Unit Pelayanan Kesehatan milik PT (Persero) Angkasa Pura II yaitu dengan melakukan segmentasi pasar dan target market. Selain terjadi peningkatan penumpang, karyawan yang bekerja di lingkungan bandara juga cukup banyak. Tercatat sekitar 40.000 karyawan yang bekerja dilingkungan bandara Soekarno-Hatta yang dapat disegmentasi agar terlihat jelas segmen karyawan mana yang potensial dan yang akan dibidik. Dari data poliklinik Sentra medika terdapat 85% karyawan yang biasa berobat adalah karyawan operasional. Tujuan: Menentukan segmen pasar yang akan dilayani oleh Klinik Sentra Medika Angkasa Pura II, mengidentifikasi jenis-jenis produk pelayanan kesehatan yang akan disediakan oleh Klinik Sentra Medika Angkasa Pura II dan menetapkan jenisjenis produk pelayanan kesehatan yang dapat ditawarkan untuk segmen pasar pilihan. Metode : Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan rancangan crossectional. Hasil : Setelah dilakukan analisis faktor maka karyawan yang bekerja di terminal bandara Soekarno-Hatta berdasarkan persepsi kebutuhan dan kegunaan pelayanan kesehatan dihasilkan 4 faktor kelompok/segmen pasar, yaitu segmen fungsional, kualitas, praktis dan biaya. Diantara keempat faktor tersebut segmen biaya dapat dijadikan segmen yang potensial karena memiliki nilai yang besar. Masing-masing segmen tersebut mempunyai karakteristik psikografi dan demografi yang berbeda. Dari seluruh responden yang menjawab kuesioner terdapat 97% responden setuju membutuhkan keberadaan pelayanan kesehatan yang dekat dengan tempat kerja, 85,5% setuju bahwa fasilitas tersebut akan dimanfaatkan oleh responden dan 76,5% setuju bahwa poliklinik yang berada di bandara merupakan sarana yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan mereka. Kesimpulan : segmen biaya merupakan segmen yang potensial dan segmen pilihan oleh perusahaan PT (Persero) Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara dalam memenuhi kebutuhan jasa pelayanan kesehatan. Jenis produk jasa pelayanan kesehatan yang dapat menjadi pilihan adalah jasa pelayanan gawat darurat, laboratorium dan jasa evakuasi. Faktor biaya pelayanan kesehatan yang rendah merupakan salah satu bahan pertimbangan utama dalam membuat sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang akan dibuat oleh perusahaan

BACKGROUND: PT(Persero) Angkasa Pura II is a State-Owned Company (SOC) that provides airport management and air traffic services. The growth of the air transportation industry in Indonesia has resulted in increased revenues for the PT(Persero) Angkasa Pura II as one of the most reliable SOCs. Active concern for health and medical services issues has become part of the activities of PT(Persero) Angkasa Pura II as an implementation of the principles of good Corporate Governance regarding the responsibility to the Company’s stakeholders, and as part of its business strategy. With the steady increase in the number of people who use air transportation each year, development of health and medical services within the area of PT(Persero) Angkasa Pura II also increases in a correspondingmanner. Therefore, PT(Persero) Angkasa Pura II has to implement a strategy in defining potential market within the area of Clinic Sentra Medika as a health and medical services unit owned by the PT(Persero) Angkasa Pura II. Align with the number of people using air transportation, about 40.000 employees work at the Soekarno- Hatta Airport and in the surrounding communities. This will be a potential market for the Clinic Sentra Medika as a health and medical services unit. Data from Sentra Medica clinic shown that 85 % of employees who come for having medical support are operational worker. GOALS: To define market segmentation within the area of the Clinic Sentra Medika services, to identify type of health services product and to define type of health and medical services which can be offered to certain market. METHOD: This research will be quantitative descriptive with cross-sectional plan. RESULT: After doing analyze factors, employees work in terminal of Soekarno-Hatta Airport based on require perceptions and health services usage, resulted 4 (four) segments factors, they’re functional, quality, practice and cost segments. From the segments mentioned, cost segment can be potential one for its high value. Each segment has psychograph and demograph different characteristics. From questioner responded, there are 97 % respondents agree with health services nearby place they work, 85 % agree that facilities will be used by respondents and 76,5 % agree that policlinic in airport is the correct facility to fulfill their health and medical services requirement. CONCLUTION: Cost segment is a potential segment and become chosen segment by PT(Persero) Angkasa Pura II as provider airport management to fulfill health and medical services requirement. The chosen health services products are emergency units, laboratory and medical evacuation. Low cost health services factor, is a main consideration in making facilities and pre-facilities of health and medical services will be made by company.

Kata Kunci : Layanan Kesehatan, Segmentasi Pasar, Target Market, Market opportunity – Market Segmentation – Market Target.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.