Laporkan Masalah

Formulasi strategi bisnis PT Interbat :: Aplikasi Resource-Based View

MANALU, Lukas Oktavianus Maruli, Hani Handoko, Dr.,M.Sc

2007 | Tesis | Magister Manajemen

Kuatnya persaingan dalam bisnis etikal farmasi di Indonesia, berimplikasi pada keharusan masing-masing perusahaan farmasi etikal yang bersaing memiliki strategi bisnis yang tepat. Terutama bagi Interbat, salah satu perusahaan farmasi etikal papan atas PMDN yang kini sedang mengalami perlambatan dalam pertumbuhan penjualannya. Strategi bisnis yang dibutuhkan perusahaan adalah yang merupakan kombinasi antara tujuan yang diperjuangkan perusahaan dengan sumberdaya dan kapabilitas yang dimiliki perusahaan. Karena perbedaan kinerja diantara perusahaanperusahaan yang bersaing tidak disebabkan perbedaan dalam struktur industri seperti dijelaskan melalui analisis industri, tetapi melalui perbedaan-perbedaan sumberdaya dan kapabilitas perusahaan dan aplikasinya. Perusahaan akan memperoleh keunggulan bersaing dari sumberdaya yang memiliki nilai, langka, tidak mudah ditiru, dan didukung organisasi yang dapat mengeksploitasinya. Studi ini, yang bertujuan memformulasi strategi bisnis PT Interbat, dia wali dengan mengidentifikasi sumberdaya dan kapabilitas yang merupakan kekuatan dan kelemahan pada setiap rantai nilai yang dimiliki perusahaan. Hasil investigasi dan evaluasi terhadap sumberdaya dan kapabilitas perusahaan menunjukkan bahwa formulasi strategi bisnis PT Interbat harus fokus pada pengelolaan sumberdaya manusia-nya. Sumberdaya manusia, khususnya tenaga pemasaran merupakan asset perusahaan yang bernilai dan tidak dimiliki pesaing. Tenaga pemasaran merupakan faktor kunci keberhasilan yang potens ial sebagai sumber keunggulan bersaing yang berkesinambungan dan upaya memperoleh keuntungan perusahaan di atas normal.

The highly level competitiveness in the ethical business of pharmaceutical in Indonesia, have implicated to each of pharmaceutical companies which are competing to have the fittest business strategy. Especially for Interbat, one of the top-tier domestic ethical pharmaceutical company which currently has experienced slowing sales growth. Business strategy which the company needed is the combination between the company’s goal and capability and resources of the company itself. The differences of performances between those companies are not happened due to the difference within the industry structure but through those differences of company’s resources and capabilities and its usage. Therefore, the company which have resources with value, rarity, imitability and support by the managing organization will gain sustainable competitive advantage. This study has a purpose to formulate PT Interbat business, starting from the identification of resources and capabilities which are the strengths and weaknesses in every value chain that the company possessed. The result of our investigation and evaluation of company’s resources and capabilities showed that the business strategy formulation of PT Interbat must focus on its human resources management. Human resource, especially field forces are the invaluable assets which the rivalry companies do not have. Field forces are the key success factors that are potential to be the source of sustainable competitive advantage and also as a supporting factor to generate above normal economic performance.

Kata Kunci : Strategi Bisnis,Resource Based View, resources, capabilities, value chain, strengths, weaknesses and key success factor.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.