Laporkan Masalah

Menakar ulang basis legitimasi politik Islam: Mundurnya Patrimonialisme dalam masyarakat santri :: Studi kasus di pedesaan Jawa Timur

AMINUDDIN, Muhammad Faishal, Dr. Pratikno, M.Soc.Sc

2007 | Tesis | S2 Ilmu Politik

Studi ini terfokus untuk melihat mundurnya patrimonialisme dalam masyarakat santri pasca Orde Baru. Obyek studi adalah hubungan elit-akar rumput dalam skala mikro di pedesaan. Studi ini emnggunakan studi kasus dan bersifat kualitatif. Data-data didapatkan dengan model penelitian etnografi. Pendekatannya dengan morphogenetic karena melihat aspek perubahan struktural dan pengaruhnya terhadap agensi. Dalam studi ini ditemukan empat hal yaitu pertama, entitas santri tidak terikat lagi pada model interaksi institusional yang dikendalikan melalu pesantren atau tokoh agama. Kedua, faktor sejarah menjadi signifikan sebagai bagian dari perubahan struktural. Ketiga, institusi menyumbang peranan penting dalam pemerian model perubahan dalam skala mikro, keempat formasi dari masyarakat santri dan responnya terhadap perubahan menyebabkan sistem patrimonial menjadi terfragmetasi dan mengalami kemunduran fungsi. Studi ini memberikan implikasi teoretik pada pemahaman mengenai ambivalensi didalam struktur dan agensi karena dihadapkan pada pola adaptatif atau responsif sebagai manifestasi dari interaksi antara struktur dan agensi. Struktur dan agensi bukanlah bersifat monolitik yang dikendalikan oleh kekuasaan negara dan kekuatan informal seperti patrimonialisme. Studi ini memberikan peryataan baru yang menolak statisme yang ditawarkan oleh Geertz ketika melihat karakter sosial politik Jawa. Dinamisasi dalam masyarakat tradisional bisa terjadi seperti adanya pluralisme dalam relasi patron-klien. Kontribusi penting studi ini terhadap pembacaan politik Islam terletak pada model mobilisasi dan legitimasi yang dilakukan berdasarkan sistem kekerabatan dan tekanan yag diberikan oleh negara. Hubungan elit-akar rumput dalam masyarakt santri tidak lagi didominasi oleh dikotomi patron-klien dalam pengertian yang tertutp melainkan sudah menjadi lebih terbuka.

This study focussed on decline of patrimonial system in santri’s society in post New Order regime. This work choose the case study as method and gained data with ethnographic way. The background area is in the one village in inner East Java. Morphogenetics approach is the single purposes because it can be involving response aspects against structural change. In this study, a santri Society in Krecek village engange with based on institution like pesantren and clerics. There is four important point. First, santri’s entities not only in their institution and model of elite-grass roots relation. Second, history as the significance factor to explain a model and change pathways in the society. Third, institution had influenced for interaction model changing and their actors. Fourth, a formation of santri’s society response against structural changing from micro level ever push the fragmented in patrimonial system. The objective of this study is the 1) to know how the grass roots ambivalency in front of the changing situation within responsiveness in one side and adaptativeness in the other side. 2) structure and agency didn’t stay as monolithic control under the power of the state ad their informal politics like patrimonialism, 3) many It caused the relation of the is change, from state supporting and their agency make the elite political legitimacy gained from social, economics and religious conditions, toward equally. The impact of this study tend to rejoin Geertz’s view about statism when he separate aliran. Situation was change and dynamization of society can improve from the bottom in the deep side of society. The other impact is the pluralisme in society especially in patronage concept. The grass roots is not only a passive object because empowering their capacity with revitalization of informal institution and that inspiring autonomously in the interaction system which they were build. That implies to improving their bargaining position to became high against elite. The important contribution from this study is to knowing about correlation between study of political islam discourse with model of constituent mobilisation by political power and state intervention. The conclusion is the relation between us made a clientilistic model was closed to became opened and fluid.

Kata Kunci : Legitimasi Politik Islam,Patrimonialisme Dalam Masyarakat Santri, patrimonial, santri, changing


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.