Laporkan Masalah

Analisis Competitive Strategies dalam pemberian kredit PT BRI

SIWIDHANI, Harsono, Dr.,M.Sc

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini berjudul “Analisis Competitive Strategies dalam Pemberian Kredit PT. BRI”. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pilihan strategi serta alternatif yang dapat diimplementasikan oleh BRI. Pengumpulan data yang dilakukan adalah mengadakan pertemuan atau komunikasi langsung dengan staff dari BRI serta mengumpulkan data-data yang berhubungan berupa tulisan-tulisan dan laporan-laporan yang dapat dipergunakan untuk penelitian ini. Metode analisis yang dilakukan terdiri dari dua bagian, yaitu analisis lingkungan eksternal serta analisis lingkungan internal. Analisis lingkungan eksternal dilakukan untuk menganalisis data secara kualitatif. Analisis lingkungan eksternal meliputi analisis persaingan industri dengan menggunakan konsep lima kekuatan bersaing (porter’s five forces), menganalisis kekuatan-kekuatan yang dapat mengakibatkan perubahan dengan konsep driving forces, key success factor, serta menganalisis posisi kompetitif BRI pada industri perbankan dengan menggunakan konsep strategic group maps. Analisis lingkungan internal meliputi analisis bagian-bagian dari perusahaan, analisis kekuatan dan kelemahan untuk memanfaatkan peluang dan ancaman, serta analisis keunggulan bersaing BRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persaingan di industri perbankan mengalami peningkatan, dan tingginya daya tawar menawar pemasok dan pembeli. Dalam menghadapi hal tersebut BRI memiliki beberapa keunggulan bersaing sehingga dapat mempertahankan posisinya di industri. Namun untuk mengantisipasi perubahan yang akan terjadi BRI harus terus meningkatkan keunggulan bersaingnya serta mengimplementasikan strategi yang tepat

This research is entitled “Analisis Competitive Strategies dalam Pemberian Kredit PT. BRI”. The objective of this research is to know the chosen strategy and the alternatives that can be implemented by BRI. Data collection that conducted is using meetings or direct interviews with the staffs of BRI and also collecting related data in form of writings and reports that can be used in this research. The conducted analysis method consists of two parts, which are external environment analysis and internal environment analysis. External environment analysis is conducted for qualitative data analysis. External environment analysis covers analyzing industry’s competition using the Porter’s five competitive forces concept, analyzing forces that causing changes using driving forces concept, key success factor, and analyzing BRI’s competitive position in banking industry using strategic group maps concept. Internal environment analysis covers analyzing in company divisions, analyzing the strength and weakness to get the benefits of opportunity and threats, and analyzing competitive advantage of BRI. The result of research shows that competitive level in banking industry has increased, and the bargaining power of supplier and consumer is in high level. Facing that condition, BRI have some competitive advantages to maintain its position in industry. However, in anticipating the possible change, BRI has to continue increasing its competitive advantages and implementing the appropriate strategy.

Kata Kunci : Strategi Bersaing,Kredit Perbankan, focus strategy, increase competitive advantages


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.