Formulasi strategi biro iklan :: Studi kasus pada pT Pariwara
FAJAR, Putra, Ertambang Nahartyo, Dr.,M.Sc
2006 | Tesis | Magister ManajemenSaat ini di mana orang-orang sangat sibuk dan bergerak cepat, iklan luar ruang merupakan media yang sempurna untuk menjangkau orang-orang yang dalam perjalanan. Semakin sedikit orang yang menghabiskan waktunya di rumah, keadaan ini membuat mereka semakin sulit terekspos oleh media iklan tradisional seperti TV, radio, koran dan majalah. Akibatnya banyak perusahaan melihat semakin pentingnya mengiklankan produk dan jasanya melalui media iklan luar ruang. Bagi sebuah biro iklan luar ruang, semakin menjamurnya perusahaan periklanan di Jakarta telah menimbulkan persaingan yang sangat ketat, situasi ini membuat mereka membutuhkan strategi tepat untuk terus bertahan dan menyisihkan para pesaing. Dalam menghadapi globalisasi, biro iklan perlu mempersiapkan langkah-langkah antisipatif dan melakukan berbagai macam perbaikan guna meningkatkan kualitas kinerja manajemen agar mereka dapat menghasilkan suatu sistem bisnis jasa periklanan yang ideal. PT. Pariwara sebagai perusahaan periklanan luar ruang di Jakarta perlu melakukan introspeksi dan menyiapkan perusahaan untuk berkompetisi dan juga berusaha menciptakan satu hal yang baru guna menarik perusahaan atau klien agar mau memakai produk atau jasa yang ditawarkannya. Untuk meraih hal tersebut dan dapat bertahan serta memenangkan persaingan, perusahaan harus bergeser dari perusahaan yang reaktif menjadi perusahaan yang proaktif agar dapat terus bertahan dalam persaingan bisnis reklame yang semakin ketat dan keras. Untuk mengantisipasi tekanan persaingan karena perubahan lingkungan internal dan eksternal tersebut, PT. Pariwara dapat menerapkan strategi pengembangan pasar, strategi penetrasi pasar, dan strategi pengembangan produk. Untuk dapat melaksanakan strategi-strategi ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan.
In today’s busy and fast-paced life, outdoor advertising is perfect for reaching people on the go. Increasingly people are sending less time at home, and as result are less exposed to traditional media like TV, radio, newspapers and magazines. As a consequence many companies see that is important to advertise they product and service through outdoor advertising media. For outdoor advertising agency, growth of agency in Jakarta cause the competition very tight, this situation make they need appropriate strategy to keep on survive and eliminate the competitors. In facing the globalization, advertising agency need to prepare some anticipation steps and doing various improvements to increase management performance quality so they can produce a certain ideal business system of advertising service. PT. Pariwara as one outdoor advertising company in Jakarta need to introspection and prepare the company to compete and also try to create one new thing to attract company or client so they want to use product or service that agency offer. To achieve that and be able to survive along with win the competition, the company must move from reactive company to proactive company in order to be able to survive in outdoor business competition which is more tight and harder. To anticipate the competition pressure because internal and external environment changes, PT. Pariwara could apply market development strategy, market penetration strategy, and product development strategy. To be able to apply all of them there are several tasks that company has to give attention.
Kata Kunci : Biro Iklan,Formulasi Strategi,Iklan Luar Ruang, strategy, strategy formulation, advertising agency, outdoor advertising