Laporkan Masalah

Perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar ditinjau dari pengenalan sistem E-Learning

HASANAH, Ainul, Dr. Faturrochman, MA

2006 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Pendidikan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran e-learning terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan skala motivasi belajar dan metode dokumentasi untuk nilai IPK pada prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 94 mahasiswa Fakultas Tehnik Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang yang terdiri dari 47 mahasiswa e-learning dan 47 mahasiswa non e-learning. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa e-learning berperan secara signifikan terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar.

The purpose of this research was to identify the role of e-learning on learning motivation and achievement. The data were collected by learning motivation scale and the documentation of student’s final grades. The subject were 94 students of The Faculty of Technology on Sultan Agung Islamic University in Semarang, consisted of e-learning students (47 students) and non e-learning students (47 students). The result showed that e-learning effects on learning motivation and achievement is significant.

Kata Kunci : Prestasi Belajar,Motivasi Belajar,E Learning,Learning Motivation, Academic Achievement, E-learning System


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.