Pengaruh pengumuman peringkat terhadap kinerja obligasi
ZUHROTUN, Prof.Dr. Zaki Baridwan, M.Sc
2005 | Tesis | S2 AkuntansiPenelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh pengumuman peringkat oleh agen pemeringkat terhadap kinerja obligasi dan perbedaan pengaruh pengumuman peringkat pada kinerja obligasi perusahaan besar dan kecil. Hipotesis yang diajukan adalah: (1) H1:Ada perbedaan kinerja obligasi sebelum dan setelah pengumuman peringkat, (2) H1a:Ada perbedaan kinerja obligasi sebelum dan setelah pengumuman peringkat pada obligasi yang mengalami upgrade, (3) H1b:Ada perbedaan kinerja obligasi sebelum dan setelah pengumuman peringkat pada obligasi yang mengalami downgrade (4) H2: Ada perbedaan kinerja obligasi setelah pengumuman peringkat pada obligasi perusahaan besar dan perusahaan kecil. Sampel penelitian berjumlah 76 obligasi, yang terdiri dari 17 upgrade, 20 downgrade, 39 stabil. Sedangkan obligasi dari perusahaan kecil adalah 25 dan dari perusahaan besar adalah 30 obligasi. Sampel dipilih dengan kriteria sebagai berikut: semua obligasi yang diterbitkan perusahaan yang terdaftar dan diperdagangkan secara aktif di BES, serta diperingkat oleh PT Pefindo dari tahun 2000 sampai dengan 2004. Untuk menghilangkan misspesifikasi pemilihan sampel yang akan berpengaruh terhadap hasil penelitian maka ditambahkan beberapa kriteria, yaitu: obligasi nonconvertible, kupon tetap, bukan obligasi subordinasi, syariah mudharabah, maupun syariah ijarah. Perioda pengamatan adalah perioda pasca krisis ekonomi dengan window relatif pendek, sehingga tidak ada fluktuasi tingkat suku bunga SBI yang signifikan. Pada perioda amatan tidak bersamaan waktunya dengan kejadian lain yang secara langsung berpengaruh terhadap harga obligasi seperti: pengumuman laporan keuangan perusahaan, baik interim maupun tahunan. Penelitian ini merupakan studi peristiwa untuk menguji kandungan informasi peringkat obligasi, dengan window spanning -2 sampai dengan +2. Proksi dari kinerja obligasi adalah yield to maturity (YTM), sedangkan proksi besaran perusahaan adalah total asset. Metoda statistik yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan, tidak ada perbedaan kinerja obligasi sebelum dan setelah pengumuman peringkat untuk keseluruhan sampel (p-value=0.098), tidak ada perbedaan kinerja obligasi sebelum dan setelah pengumuman peringkat pada obligasi yang mengalami upgrade (p-value=0.169), ada perbedaan kinerja obligasi sebelum dan setelah pengumuman peringkat pada obligasi yang mengalami downgrade (p-value=0.037), dan tidak ada perbedaan kinerja obligasi setelah pengumuman peringkat pada obligasi perusahaan besar dan perusahaan kecil (p-value=0.0243). Hal ini berarti hanya downgrade yang memiliki kandungan informasi. Hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian terdahulu bahwa kabar buruk (bad news) lebih di respon oleh investor (Hand dkk.,1992; Lianto dan Matolcsy,1995; Liu dkk.,1999). Ternyata respon investor terhadap pengumuman peringkat obligasi dari perusahaan besar dan kecil tidak berbeda, sehingga tidak sesuai dengan Big Bang Theory.
This research aims to examine the effect of rating announcement by rating agency on bond performance and the difference of the effect rating announcement on bond performance from small firm and big firm. The hypothesis suggest in this research are: (1) H1: There is a difference of bond performance before and after the rating announcement, (2) H1a: There is a difference of bond performance before and after the rating announcement for the upgrade revised bonds, (3) H1b: There is a difference of bond performance before and after the rating announcement for the downgrade revised bonds, (4) H2: There is a difference of bond performance after the rating announcement for small firm and big firm. The research sample are consist 76 bonds (17 upgrade, 20 downgrade, and stable 39). While bonds from small firm are 22 and from big firm are 25. The sample was selected with criteria as follows: all bonds were listed and trading actively on Surabaya Stock Exchange, and rated by PT Pefindo between 2000-2004. To eliminate the confounding effect some criteria were added as follow: nonconvertible, fixed rate, not suborndinated bond, not syariah mudharabah bond, or syariah ijarah bond. The research period is after economic crises to control the fluctuating of SBI with relative short window. There is no other announcement wich affect the bond price in the event window, such as annual report and interim report. This research is an event study to asses the information content of rating announcement, with the window spanning from -2 untill +2. The proxy of bond performace is the yield maturity (YTM), and total asset as proxy of the firm size. Statistic method used in this study is t-test. The result show that, there is no difference of bond performance before and after the rating announcement for all sample (p-value=0.098), there is no difference of bond performance before and after the rating announcement for the upgrade revised bonds(pvalue= 0.169), there is a difference of bond performance before and after the rating announcement for the downgrade revised bonds (p-value=0.037), and no difference of bond performance after the rating announcement for small firm and big firm (p-value=0.0243). This result indicate that only downgrade wich have information content. This result is consistent with previous research that bad news more responded by the investor (Hand et al.,1992; Lianto dan Matolcsy,1995; Liu et al..,1999). While the respond of investor for bond rating announcement from big firm and small firm are not different, this is not consistent with the big bang theory.
Kata Kunci : Kinerja Obligasi,Pengumuman Peringkat,Kandungan Informasi, bond performance, bond rating, upgrade, downgrade, yield to maturity, and information content