Laporkan Masalah

Kinerja pelayanan Puskesmas Kraton dan Puskesmas Jetis Yogyakarta

BUDIMAN, Prof.Dr. Warsito Utomo

2005 | Tesis | S2 Administrasi Negara

Penelitian ini berjudul “Kinerja pelayanan puskesmas Kraton dan puskesmas Jetis Yogyakarta” Dalam penelitian ini menganalisa perbandingan antara kinerja pelayanan puskesmas Kraton dan Jetis. Indikator yang digunakan dalam menilai kinerja organisasi pelayanan puskesmas Kraton dan Jetis Yogyakarta adalah akuntabilitas, responsivitas, orientasi pelayananan dan efisiensi pelayanan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan publik dalam penelitian ini adalah kepemimpinan, struktur organisasi, dan sumber daya manusia. Penelitian ini menganalisis indikator kinerja pelayanan publik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada puskesmas Kraton dan puskesmas Jetis. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, yang merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu tehnik wawancara langsung kepada subyek penelitian, tehnik observasi, dan tehnik dokumentasi atau studi pustaka. Tahap teknik analisisnya yaitu reduksi data, penyajian data, dan menari kesimpulan/verifikasi data. Berdasarkan indikator kinerja pelayanan publik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, kinerja pelayanan publik yang dilaksanakan di puskesmas Kraton lebih baik dari pada kinerja pelayanan publik yang dilaksanakan di puskesmas Jetis. Dapat dilihat dari segi akuntabilitas, puskesmas Kraton dalam menerapkan peraturan-peraturan dan tanggung jawab aparat lebih tinggi dibandingkan dengan puskesmas Jetis. Dari segi responsivitas, puskesmas Kraton sudah cukup mampu mengenali kebutuhan dan keinginan masyarakat dibandingkan dengan puskesmas Jetis. Dari segi orientasi pada pelayanan, puskesmas Kraton lebih unggul dari aspek pengelolaan sumber daya manusia dibandingkan dengan puskesmas Jetis. Dari segi efisiensi pelayanan, puskesmas Kraton memiliki kelebihan dalam kecepatan pelayan dibandingkan dengan puskesmas Jetis. Jika dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya faktor kepemimpinan, puskesmas Kraton memiliki perencanaan yang lebih baik dan adanya kerjasama yang baik pula antara atasan dan bawahan dibandingkan dengan puskesmas Jetis. Faktor struktur organisasi, puskesmas Kraton lebih unggul pada pemahaman tugas dan pembagian tugas dibandingkan dengan puskesmas Jetis. Faktor sumber daya manusia, puskesmas Kraton memiliki kesamaan dengan puskesmas Jetis, hal tersebut nampak pada tingkat pendidikan, keterampilan dan pengetahuan aparat, dan tingkat pengalaman kerja aparat.

This research analyzes the indicators of public service performance and the factors that affect them in Kraton-public health center (puskesmas) and Jetis-public health center. The indicators used in this research to assess the performance of both public health centers are accountability, responsiveness, service orientation, and service efficiency. The method used in conducting the research is qualitative method, which is a research procedure that produce descriptive data comprised of statements from personal or behavior that is observed. The data was obtained through interview, observation, and literature study. The analysis phases were data reduction, data presentation, and draw conclusion/data verification. The result of our research indicated that the public service performance in Kraton-public health center is better than public service performance in Jetis-public health center. From the accountability indicator, Kraton-public health center’s officers can implement the rules and the responsibilities better than Jetis-public health center’s officers. From the responsiveness indicator, Kraton-public health center are able to recognize the needs and wants of its community better than Jetis-public health center. From the service orientation indicator, Kraton-public health center is much better than Jetis-public health center in managing their human resources. From the efficiency of services indicator, Kraton-public health center have the advantage in the speed of services compared to Jetis-public health center. Factors that influenced the public service quality in Kraton-public health center that surpass the public service quality in Jetis-public health center are leadership and organization structure. Kraton-public health center has better planning and better relations between leader and its subordinates compared to Jetis-public health center. From organization structure, Kraton-public health center has the advantage on job understanding and job separating compared to Jetis-public health center. From human resources, both Kraton-public health center and Jetis-public health center have the same quality. It can be seen from the education level, skill and knowledge of their officers, and the experience level of their officers.

Kata Kunci : Kinerja Layanan,Puskesmas, accountability, responsiveness, service orientation, and service efficiency


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.