Laporkan Masalah

PENGELOLAAN SURAT KEPUTUSAN DIREKSI SEBAGAI ARSIP DINAMIS INAKTIF DI ARSIP PUSAT PT DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO) BANDUNG

SYINTA TRI LESTARI, Rina Rakhmawati, S.Hum., M.P.A.

2019 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPAN

Tugas Akhir ini menjelaskan tentang pengelolaan surat keputusan direksi sebagai arsip dinamis inaktif di Arsip Pusat PT Dirgantara Indonesia (Persero). Pengelolaan surat keputusan direksi sebagai arsip dinamis inaktif dimulai dari pengolahan arsip, pemindahan arsip, pemeliharaan dan pengamanan arsip serta layanan akses arsip. Pengelolaan arsip surat keputusan direksi sebagai arsip dinamis ini tentunya sangat penting sebagai peenunjang kegiatan di PT Dirgantara Indonesia (Persero) serta untuk melindungi arsip tersebut baik dari segi fisik maupun informasinya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tiga metode yaitu pertama observasi partisipatif dimana kita ikut terlibat secara langsung dalam kegiatan, kedua yaitu melakukan wawancara dengan tanya jawab langsung dengan narasumber, dan ketiga yaitu studi pustaka dengan memahami dan mempelajari literatur yang dipakai penulis dalam menyelesaikan Tugas Akhir. Kesimpulan dari Tugas Akhir ini yaitu pengelolaan surat keputusan direksi sebagai arsip dinamis inaktif di Arsip Pusat PT Dirgantara Indonesia (Persero) sudah cukup baik walaupun dalam melakukan pengelolaan masih terdapat beberapa kendala baik dari segi anggaran yang menyebabkan pengadaan sarana dan prasarana untuk melakukan pengelolaan arsip jadi terhambat serta ketersediaan sumber daya manusia yang terbatas untuk membantu pengelolaan arsip dinamis inaktif.

The final report describes about managing directors decisions records as an inactive record in Central Records PT Dirgantara Indonesia (Persero). Managing directors decisions records as an inactive record starting from processing, transferring, maintenance and security, and access services. Managing directors decisions records as an inactive record is very important as supporting activities at PT Dirgantara Indonesia (Persero) and to protect physical and records information. Data were collected by participatory observation conducting interviews, and literature study .The conclusion of this its inactive records were managed well, even though there are still some imitations. They are financial aspect, infrastructure aspect and human resource aspect.

Kata Kunci : Arsip Dinamis Inaktif, , Surat Keputusan Direksi, PT Dirgantara Indonesia

  1. D3-2019-401147-abstract.pdf  
  2. D3-2019-401147-bibliography.pdf  
  3. D3-2019-401147-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2019-401147-title.pdf