Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing PT BPR Intidana Sukses Makmur

NIKEN NABIELA, Bambang Riyanto L.S., Prof., Dr., MBA., Ak., CA.,

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Penelitian ini berjudul Analisis Strategi Bersaing PT BPR Intidana Sukses Makmur. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan, mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam industri BPR, mengevaluasi strategi perusahaan, dan menentukan strategi alternatif bagi BPR Intidana untuk menghadapi persaingan di industri BPR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan manajemen tingkat atas BPR Intidana, ketua DPD perhimpunan Perbarindo DKI Jakarta, dan Kepala Deputi Direktur Pengawasan BPR KR 1 OJK, sedangkan data sekunder diperoleh dari data publikasi OJK, Bank Indonesia, Perbarindo, dan informasi lain berupa media cetak ataupun elektronik. Penelitian ini mengevaluasi strategi BPR Intidana menggunakan analisis lingkungan eksternal dan analisis internal. Analisis lingkungan eksternal menggunakan analisis Five Forces Porter, analisis Driving Forces, Key Success Factor, dan Competitor Analysis sementara analisis lingkungan internal menggunakan analisis terhadap aspek fungsional perusahaan yang selanjutnya dievaluasi melalui analisis SWOT sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi perusahaan. Analisis SWOT tersebut membantu mengidentifikasi strategi alternatif untuk BPR Intidana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi persaingan industri BPR saat ini di wilayah DKI Jakarta cukup ketat. Untuk menghadapi persaingan industri dan meningkatkan daya saing, BPR Intidana perlu merumuskan kembali dasar perusahaan meliputi visi, misi, budaya organisasi, tujuan perusahaan, dan perlu mengembangkan a focused differentiation strategy. Pengembangan strategi yang perlu dilakukan oleh BPR Intidana adalah meningkatkan diferensiasi portofolio kredit pada jenis kredit konsumsi, mengimbangi peningkatan portofolio kredit dengan menyeleksi kembali pangsa pasar, meningkatkan keberagaman pelayanan operasional, membangun capacity building tiap SDM, meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah.

This study entitled Analysis of Competitive Strategy of PT BPR Intidana Sukses Makmur. The purpose of this research is to analyze the external and internal environment of BPR Intidana, find out the strengths and weaknesses of BPR Intidana in BPR industry, evaluate the strategy, and determine alternative strategies to deal with competition in the BPR industry. This study is a descriptive study with data collection methods using primary and secondary data. Primary data is generated from interviews with the top management of BPR Intidana, chairman of DPD Perbarindo for DKI Jakarta, and the Head of Deputi Direktur Pengawasan BPR KR 1 OJK, while secondary data is generated from data published by OJK, Bank Indonesia, Perbarindo, and other information from media. This study evaluate the strategy of BPR Intidana using external and internal environment analysis. External environment analysis consist of Five Forces Porter, Driving Forces Analysis, Key Success Factor, and Competitor Analysis, while internal environment analysis consist of Functional Analysis, then evaluated through a SWOT analysis and it will produce the strengths, weaknesses, opportunities and threats for the company. The SWOT analysis aid to identify alternative strategies for BPR Intidana. The results of the study show that the competitive conditions of the BPR industry in the DKI Jakarta are very tight. In order to deal with competition and improve competitiveness in the BPR industry, BPR Intidana need to reformulate vision, mission, organizational culture, company goals, and develop a focused differentiation strategy. Some of the strategies that need to be carried out by BPR Intidana are increasing the credit portofolio especially for consumption credit, reselecting market share of BPR Intidana, increasing the kind of operational services, increasing capacity building for each employee, improving the quality of service to customers.

Kata Kunci : Strategi, analisis Five Forces Porter, analisis Driving Forces, Key Success Factor, Competitor Analysis, analisis fungsional, Industri BPR

  1. S2-2019-417492-abstract.pdf  
  2. S2-2019-417492-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-417492-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-417492-title.pdf