Laporkan Masalah

ANALISIS MINAT PEMASANGAN IKLAN TERHADAP PROGRAM ACARA CASH MAN DI TVRI

RIAT BUDIAWAN, IR., Sari, WInahjoe, Siswomihardjo,Dr.,M.B.A

2018 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap pemasangan iklan terhadap program Cash Man yang rencananya akan ditayangkan oleh TVRI. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi TVRI dalam menyusun rancangan program acara yang dapat menghasilkan pemasukan dari pendapatan iklan. Dasar analisis penelitian adalah teori Multiatribute Model yang dikembangkan oleh Fishbein (Hawkins et al. 2004) : Ao = bi x e BI Ao dan B BI Keyakinan konsumen (b) bahwa suatu produk memiliki atribut tertentu (i) dan evaluasi yang dilakukan konsumen (e) atas atribut tersebut (i) akan membentuk sikap konsumen terhadap produk tersebut (Ao). Sikap positif (Ao) terhadap suatu merek akan meningkatkan niat konsumen untuk membeli produk dengan merek tersebut. Niat untuk membeli (BI) selanjutnya akan mengarah kepada pembelian suatu merek tertentu. Hasil analisis menunjukkan 44% responden memiliki sikap Agak Baik terhadap pemasangan iklan pada program acara Cash Man di TVRI; 42% memiliki sikap Netral; 11% memiliki sikap Baik; 3% memiliki sikap Kurang Baik dan 1% memiliki sikap Sangat Baik. Sebelum TVRI mempertimbangkan untuk menayangkan program Cash Man, sebaiknya TVRI melakukan upaya untuk memperbaiki sikap pemasang iklan terhadap program acara Cash Man di TVRI. Beberapa hal yang dapat dilakukan: memperluas jangkauan siaran dengan kualitas penerimaan gambar yang baik, menerapkan konsep integrated marketing baik internal maupun ekternal marketing, memberikan syarat dan ketentuan pemasangan iklan yang lebih mudah dan fleksibel bagi pemasangan iklan.

The purpose of this research is to analysis the attitude of the advertiser toward the placement of advertising slot on the Cash Man, the television program which is planned to be broadcasted by TVRI. The result of the research is expected to provide the input for TVRI for their Program Planning. The analysis is based on the Theory of Multiatribute Model developed by Fishbein (Hawkins et al, 2004) : Ao = bi x e i BI Ao B BI The Consumer believe (b) that a product has a certain attribute (i) and their evaluation that such attribute will provide certain benefits (e) determine the consumers attitude toward that product (Ao). The positive attitude will increase the buying intention (BI) toward the product. The Buying Intention (BI) then will toward to to the purchase (Behaviour). The analysis result shows that 44% responden shows a Slighly Goods attituve toward the placement of the advertising slot on the Cash Man; 42% respondent shows Neutral, 11% respondent shows Good Attitude, 3% respondent shows slightly bad attitude and 1% respondent show extremely good attitude. Before TVRI make a decision to on air the Cash Man, it is better to improve the advertiser attitude. They can enlarge the coverage network with a better signal quality, to implement the integrated marketing concept both internal and external marketing and to provide a better terms and conditions for placing the advertising which provide simplicity and flexibility for advertiser.

Kata Kunci : marketing management, consumer behavior, Multiatribute Model Theory


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.