Analisis Strategi Pemasaran Hotel Matahari Dalam Meningkatkan Penjualan Jasa Kamar
Ester Lusianna (Pembimbing :Dra.Sari Winahjoe,MBA ), Dra.Sari Winahjoe,MBA
2000 | Skripsi | S1 Extention - Management
Tujuan dilakukannya penelitian adalah mengetahui perkembangan pejualan dan potensi penjualan jasa kamar Hotel Matahari, mengevaluasi strategi pemasaran yang diterapkan selama ini terutama berkaitan dengan strategi segmentasi pasar dan strategi marketing mix, mengenal kelemahan dan kekuatan yang dimiliki, mencermati peluang pasar yang dapat dikuasai dan ancaman yang mungkin dihadapi,dan melakukan analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan jasa
kamar. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis strategi pemasaran perusahaan ialah analisis kuantitatif yaitu dengan melakukan perhitungan peramalan penjualan perusahan mengggunakan trend garis lurus (bentuk linier) dan trend garis lengkung (bentuk kuadrat), serta analisis kualitatif yang terdiri dari analisis segmentasi pasar, analisis strategi marketing mix, analisis SWOT, dan strategy effectiveness analysis. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa terdapat beberapa ketidaktepatan dalam pelaksanaan strategi pemasaran. Hal itu dapat diketahui dari hasil peramalan penjualan untuk tahun 2000 dengan menggunakan bentuk linier (garis lurus) yang menunjukkan rata-rata occupancy rate
sebesar 2 unit (kamar). Ketidaktepatan dalam pelaksanaan strategi pemasaran tersebut antara lain adalah dalam pemilihan pasar sasaran setelah dilakukannya proses segmentasi pasar berdasarkan variabel-variabel geografi, demografi, psikologi, perilaku dan manfaat yang dicari) hanya terpilih segmen-segmen perusahaan BUMN/Swasta, organisasi/perkumpulan, travel, distributor, tanpa menyertakan segmen pelajar yang sebenarnya merupakan segmen yang potensial. Kemudian di dalam strategi product (produk) sebagai salah satu variabel dari strategi marketing mix juga diterapkan kebijakan yang tidak tepat, yaitu pengurangan kamar sebanyak 5 kamar (3 diantaranya Standard Room yang banyak diminati tamu) karena adanya penambahan ruang VIP Karaoke Room. Sedangkan variabel marketing mix lainnya seperti Price (harga), Place (distributor), dan Promotion (promosi) menurut penulis sudah diterapkan strategi yang tepat. Dan analisis SWOT dimana diperoleh hasil bahwa Hotel Matahari memiliki kekuatan yang lebih besar dari pada kelemahannya, maka penulis merekomendasikan strategi yang berkisar pada pemanfaatan kekuatan dan peluang yang dimilikinya khsususnya yang berkaitan dengan strategi segmentasi
pasar dan marketing mix, untuk meningkatkan penjualan jasa kamar, strategi tersebut adalah pemilihan segmen pelajar sebagai salah satu dari pasar sasaran yang dituju, dan penambahan jumlah kamar (terutama Standard Room).
Kata Kunci : strategi pemasaran,pemasaran hotel,penjualan jasa kamar hotel