Laporkan Masalah

PENGARUH GAYA KOGNITIF DAN SPONSORSHIP BIAS TERHADAP PERLAKUAN OPPORTUNITY COST DALAM KEPUTUSAN ALOKASI SUMBER DAYA

Alfian, H., Dr. Bambang Riyanto LS., M.B.A.

2007 | Tesis | S2 Accounting

Penelitian ini mencoba mengidentifikasi faktor-faktor yang potensial mempengaruhi cara manajer merespon opportunity cost ketika data relevan tidak secara eksplisit tersedia. Identifikasi faktor-faktor tersebut akan memperluas pemahaman kita tentang mengapa manajer merespon opportunity cost dengan cara yang mungkin tidak konsisten dengan teori ekonomi. Informasi atas faktor- faktor tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi situasi ketika tindakan pencegahan (precaution) struktural dan prosedural yang diperlukan untuk memperbaiki keterbatasan dan bias pemprosesan informasi manusia, untuk selanjutnya dapat menjamin perlakuan opportunity cost secara benar. Ketidakmampuan penggunaan satu dimensi gaya kognitif tipologi Jung pada penelitian Chenhall & Morris (1991) dalam menjelaskan berbedanya cara manajer untuk membuat keputusan, mengarahkan pada pertanyaan penelitian pertama, kombinasi gaya kognitif manajer manakah yang cenderung untuk memasukkan opportunity cost implisit dalam analisis ekonomi mereka? Kedua, apakah project sponsorship akan tetap mendorong manajer untuk mengabaikan signal ekonomi negatif yang diperolehnya dari opportunity cost meskipun relevan dengan keputusan alokasi sumber daya, jika kedua dimensi gaya kognitif dikombinasikan? Lab-eksperimen dengan factorial design 2x4 digunakan dalam penelitian ini

yang mencoba menginvestigasi pengaruh gaya kognitif terhadap keputusan manajer pada opportunity costs dalam kondisi dengan sponsorship dan tanpa sponsorship. Hasil mengindikasikan manajer intuitif cenderung memasukkan opportunity cost dalam keputusan mereka, sebaliknya individual sensasi nampak lebih fokus pada kelangsungan hubungan antara pengeluaran dan projek untuk menentukan relevansi kos tersebut. Implikasinya, opportunity cost cenderung tidak teridentifikasi oleh kelompok manajer sensasi. Bukti yang ditemukan adalah pengaruh gaya kognitif dimoderasi oleh keberadaan sponsorship dalam keputusan untuk memasukkan opportunity cost. Kata-kata kunci: Gaya kognitif, sponsorship bias, and opportunity cost

The current research seeks to identify factors that may pote ntially influence the way managers respond to opportunity costs when relevant data are not explicitly provided. Identification of such factors should enhance our understanding of why some managers respond to opportunity costs in ways that may be inconsistent with normative economic theory. This information could then be used to identify those situations in which structural and procedural precautions are necessary to correct limitations and biases in human information processing and so ensure the correct treatment of opportunity costs. Disability of individual processes of perception dimension of Jungs' typology on research of Chenhall & Morris (1991) to explain difference of managers' way to making decision, lead us to research questions are: first, which cognitive style combination have a proclivity to incorporate implicit opportunity costs in their economic analysis? Second, used of two dimensions of cognitive style, will project sponsorship encourage managers to ignore negative economic signals derived from opportunity costs that are nevertheless relevant to the resource allocation decision? A laboratory experiment with 2x4 factorial designs was used to investigating the effect of cognitive style on the managers' decision of opportunity costs in situation of absence sponsorship or not. The results indicated that intuitive managers tended to incorporate opportunity costs in their decisions whereas sensation individuals appeared to focus more on the directness of the relationship between expenditure and a project to determine the relevance of the cost. Opportunity cost implications tended not to be identified by the sensation group. Evidence was found that sponsorship moderated the influence of cognitive style on decision to include opportunity costs. Keywords: Cognitive style, sponsorship bias, and opportunity cost

Kata Kunci : Gaya kognitif, sponsorship bias, opportunity cost


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.