PENGARUH CITRA HOTEL HIJAU TERHADAP KESETIAAN KONSUMEN HIJAU DI HOTEL SANTIKA PREMIERE YOGYAKARTA
WAHYUNI TRISIA, Bayu Sutikno, S.E., Cand.Merc., Ph.D.
2017 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh positif citra hotel hijau pada kesetiaan hijau, pengaruh positif citra hotel hijau pada kepuasan hijau, menguji pengaruh positif citra hotel hijau pada kepercayaan hijau, menguji pengaruh positif kepercayaan hijau pada kesetiaan hijau, menguji pengaruh positif kepuasan hijau pada kesetiaan hijau serta pengaruh positif kepercayan hijau pada kepuasan hijau di Hotel Santika Premiere Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan bantuan google forms dalam penyebaran kuisioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 22.00 for windows. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 161 responden. Responden pada penelitian ini memiliki kriteria yang telah ditentukan yaitu minimal sudah menginap di Hotel Santika Premiere Yogyakarta sebanyak dua kali dalam satu tahun terakhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kepercayaan konsumen hijau berpengaruh besar terhadap kepuasan konsumen hijau dan citra hotel hijau berpengaruh besar terhadap kepercayaan konsumen hijau. Pada penelitian ini citra hotel hijau tidak berpengaruh signifikan terhadap kesetiaan konsumen hijau. Hasil penelitian ini berbeda dengan penelitian yang telah dilakukan oleh Martinez (2014) di Spanyol bahwa citra hijau yang di tampilkan oleh hotel secara keseluruhan dapat berpengaruh siginifikan terhadap kesetiaan hijau.
This research aims to strengthen positive of green hotel image on green loyalty, positive effect of green hotel image on green satisfaction, positive effect of green hotel image on green trust, positive effect of green trust on green loyalty, positive effect of green satisfaction on green loyalty and positive effect of green trust on green satisfaction at Hotel Santika Premiere Yogyakarta. This research was conducted using the quantitative method, the questionnaires were shared and collected from respondents throught Google form software as the source of data. The research model was tested using simple regression linear and double regression linear method by using of the SPSS 22.00 software for Windows. This research using purposive sampling technique with the number of respondents as much as 161 respondents. Respondents in this research have a predetermined criteria that at least have been staying at Hotel Santika Premiere Yogyakarta twice in the past year. The results of this research indicate that the factor of green trust consumer has a big influence on the satisfaction of green consumers and the green hotel image has a big influence on green consumer satisfaction. In this research the green hotel image has no significant effect on green consumer loyalty. The results of this research differ from the research that has been done by Martinez (2014) in Spain that the green hotel image have a significant effect on green loyalty.
Kata Kunci : Citra Hijau, Kepuasan Hijau, Kepercayaan Hijau, Kesetiaan Hijau, Hotel Santika Premiere Yogyakarta.