Laporkan Masalah

PENGARUH SELF ESTEEM DAN INFORMASI KINERJA RELATIF TERHADAP KECENDERUNGAN ESKALASI KOMITMEN MANAJER: STUDI EKSPERIMENTAL

FATMA YENI, Supriyadi, M.Sc., Ph.D

2017 | Tesis | S2 Sains Akuntansi

Penelitian ini bertujuan menguji tingkat self esteem dan informasi kinerja relatif bersifat privat dan publik terhadap preferensi eskalasi komitmen manajer pada saat berada dalam kondisi asimetri informasi. Penelitian ini menggunakan determinan eskalasi komitmen yang dilihat dari sudut pandang sosial dan struktural. Penelitian ini memprediksi bahwa tingkat self esteem dan informasi kinerja relatif dapat mendorong preferensi eskalasi komitmen manajer. Informasi kinerja relatif bersifat publik akan menghasilkan motivasi yang lebih besar untuk melakukan eskalasi komitmen daripada manajer yang berada pada kondisi informasi kinerja relatif bersifat privat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen laboratorium 2x1 between-subject dengan menggunakan 140 mahasiswa Ekonomika dan Bisnis UGM dan menggunakan alat uji statistik Two-Way ANOVA. Penelitian ini berhasil memperkuat penelitian sebelumnya mengenai pengaruh self esteem individu terhadap preferensi eskalasi komimen manajer. Lebih lanjut, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh informasi kinerja relatif terhadap preferensi eskalasi komitmen manajer yang berada dalam kondisi asimetri informasi yaitu publik lebih besar dari privat. Namun, tidak ditemukannya pengaruh signifikan dari interaksi self esteem dan informasi kinerja relatif terhadap preferensi eskalasi komitmen manajer.

This study aims to investigate the level of self esteem and private and public relative performance information to the manager's escalation of commitment in information asymmetry condition. This study uses escalation of commitment in social and structural point of view. This study predicts that the level of self-esteem and the existence of relative performance information may encourage a manager's escalation commitment preference. Furthermore, the study also predicts that the existence of relatively public performance information will result in greater motivation for escalating commitments than managers who are in relatively private performance information conditions. This research uses laboratory experimental method 2x1 between subject by using 140 students of Economics and Business UGM and using Two-Way ANOVA statistical test. This research has succeeded in reinforcing previous research on the effect of individual self esteem level on manager's escalation decision preference. The results show the influence of relative performance information to the escalation of manager's commitment preferences in the condition of information asymmetry, public greater than private. However, there is no significant influence of the interaction between the two independent variables (self esteem and relative performance information) on the dependent variable (escalation of commitment).

Kata Kunci : Self Esteem, Relative Performance Information, Asymmetric Information, Commitment Escalation

  1. S2-2017-387348-abstract.pdf  
  2. S2-2017-387348-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-387348-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-387348-title.pdf