PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF PENDIDIK REMAJA SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PERIKSA PAYUDARA SENDIRI (SADARI)
NURMALA DEWAYANTI, Fitra Duhita, M.Keb ; Diah Wulandari, M.Keb
2017 | Tugas Akhir | D4 BIDAN PENDIDIK SVTingginya angka kejadian kanker payudara disebabkan gejala permulaan kanker payudara sering tidak disadari dengan jelas. Periksa Payudara Sendiri (SADARI) merupakan strategi utama untuk menumbuhkan kewaspadaan wanita terhadap kanker payudara. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan SADARI remaja melalui promosi kesehatan sekolah. Peran pendidik remaja sebaya dalam program promosi kesehatan reproduksi remaja sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidik remaja sebaya untuk meningkatkan kemampuan SADARI. Metode penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan rancangan pretest and posttest with control group design. Populasi target adalah seluruh remaja putri SMK/SMA, sedangkan populasi terjangkau adalah siswi kelas XI SMKN 1 Juwiring. Penelitian dilakukan pada tanggal 28 November sampai 6 Desember 2016. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Data diperoleh dengan pengisian kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas serta penilaian dengan check list untuk menilai kemampuan SADARI. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat perbedaan kemampuan SADARI pada kedua kelompok sebelum penyuluhan (p=0,559). Terdapat peningkatan kemampuan SADARI yang lebih tinggi pada kelompok pendidik remaja sebaya dibandingkan dengan kelompok guru (mean pendidik remaja sebaya 4,85, mean guru 3,69). Terdapat perbedaan kemampuan SADARI kedua kelompok setelah pendidikan kesehatan (p=0,001). Sehingga, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik remaja sebaya dianggap lebih memberikan pengaruh terhadap kemampuan SADARI dibandingkan oleh guru. Metode pembelajaran aktif yang diberikan oleh pendidik remaja sebaya dapat meningkatkan kemampuan SADARI remaja.
The high incidence of breast cancer caused by the early symptom is often not clearly recognized. Self breast examination is the main strategy to improve the awareness of women against breast cancer. One of effort to improve the ability of self breast examination in adult is through school health promotion. The role of adolescent peer educators in the promotion of reproduction health program is very important. The aim of this study was to know the effect of adolescent peer educators in improving the ability of self breast examination. In this research the method used quasi-experimental design with pretest and posttest with control group design. The target of the population was the girl students in vocational/high school, while the affordable population was the students in class XI of SMK 1 Juwiring. The study was conducted on November 28th to December 6th, 2016. The sampling technique is simple random sampling. Those data has been obtained by questionnaries which has been tested for validity and reliability as well as an assessment with check list, to assess the ability of self breast examination. The results showed that there was no difference in the ability of self breast examination of both groups before the counseling (p = 0.559). The ability of self breast examination among adolescent peer educators group was higher compared with teacher group (mean adolescent peer educators 4,85, mean teacher 3,69). There was difference in both groups about the ability of the second self breast examination after the health education had been carried out (p = 0.001). Thus, the results of this study showed that the adolescent peer educators was more influence the ability of students in self breast examination than by teacher. Active learning methods that given by adolescent peer educators can improve adolescents ability about SADARI
Kata Kunci : Pembelajaran aktif, pendidik remaja sebaya, SADARI