Laporkan Masalah

Foto Diri dan Representasi Identitas di Media Sosial Instagram

EVANIA PUTRI RIFYANA, Arie Setyaningrum, Dr., S.Sos., M.A

2016 | Skripsi | S1 SOSIOLOGI

Pesatnya perkembangan media komunikasi modern, kemajuan media baru layaknya media sosial, memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi setiap individu untuk berkreasi dalam menampilkan identitas masing-masing. Membuat identitas virtual merupakan sebuah proses yang terus menerus selayaknya proses yang terjadi di dunia nyata. Kecenderungan fenomena seringkali dimunculkan dengan menampakkan diri kita di setiap foto yang dipaparkan di media sosial. Momen itu yang menunjukkan adanya kecenderungan bahwa diantara masyarakat maya di media sosial, terdapat hubungan sosial yang dimediasi oleh gambar. Melalui studi etnografi visual, artikel ini menjelaskan bagaimana foto diri merupakan realitas sosial, namun disatu sisi ia memiliki simbol-simbol berwujud visual yang mampu membentuk representasi seperti apa yang ingin kita sampaikan. Dalam hal ini menjadi suatu representasi identitas yang direproduksi melalui Instagram yang memediasi ruang bagi the spectacle society, masyarakat tontonan.

The rapid development of modern communication media, the progress of new media like social media, have been providing the widest possible space for individuals to reveal their identity creatively. By creating a virtual identity in the constant means, individual is representing him/herself through an ongoing process that should take place in the real world. This phenomenon is often raised by appearing "the self" in every picture presented in the social media. Such moment refers to a tendency of social relations mediated by images among virtual community in the social media . Through the study of visual ethnography, this article describes how self photos become social reality, however on the other hand, they convey tangible visual symbols which capable to form representations. In this sense, a 'representation of identity' is reproduced via Instagram that mediates a space for 'the spectacle society'.

Kata Kunci : Self Portrait, Identity, Representation, Spectacle, Social Media