Laporkan Masalah

Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram terhadap Motivasi Berkunjung ke Agrowisata Kebun Begonia Lembang Jawa Barat

TIRA HARDANING, Subejo, S.P., M.Sc., Ph.D ; Dyah Woro Untari, S.P., M.P ; Ir.Harsoyo, M.Ext.Ed

2015 | Skripsi | S1 PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN

Penelitian ini dilakukan di Kebun Begonia Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat dengan tujuan untuk: 1) mengetahui tinggi rendahnya aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram di Kebun Begonia. 2) mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram di Kebun Begonia. 3) mengetahui hubungan antara aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram di Kebun Begonia terhadap peningkatan motivasi pengunjung untuk mengunjungi ke Kebun Begonia Lembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Penentuan sampel menggunakan accidental sampling sedangkan pengambilan sampel responden dilakukan secara purposif. Total responden berjumlah 50 pengunjung. Metode analisis yang digunakan adalah uji proporsi, metode chi-square dan metode gamma. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram Kebun Begonia tergolong tinggi. Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram Kebun Begonia adalah durasi penggunaan Instagram dan lama penggunaan Instagram dengan hubungan positif kuat. Pemanfaatan media sosial Instagram memiliki hubungan positif kuat terhadap motivasi berkunjung ke Kebun Begonia, sehingga semakin tinggi aksesibilitas media sosial Instagram maka semakin tinggi motivasi untuk berkunjung ke Kebun Begonia. Aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram lebih banyak dari teman yang mengunggah foto Kebun Begonia, bukan melalui akun Instagram yang dikelola Kebun Begonia

The research was conducted at Begonia Garden in Lembang sub district West Bandung district with purposes: 1) Determine the level of accessibility of visitors to Instagram photos or videos at Begonia Garden. 2) Determine the factors that related to accessibility of visitors to Instagram photos or videos at Begonia Garden. 3) Determine the relation between accessibility of visitors to Instagram photos or videos at Begonia Garden to increase the motivation of visitors to visit Begonia Garden Lembang. Descriptive approach by survey method was used in this research. The sampling method used accidental sampling, while the sampling of visitors was chosen purposively. The number of total sample was 50 visitors. The analysis methods used were proportion test, chi-square method, and gamma. The research results showed that the level of accessibility of visitors to Instagram photos or videos at Begonia Garden was categorized in high level. The factors that related to the level of accessibility of visitors to Instagram photos and videos were duration of Instagram use and length of Instagram use. Social media use had strong positive relation to motivate visitors to visit Begonia Garden. The accessibility of visitors to Instagram photos or videos from their friend photos at Begonia Garden was higher than from official Instagram which has been managed by Begonia Garden.

Kata Kunci : Kata Kunci: Pengaruh, media sosial, instagram, motivasi, agrowisata, Begonia/ Keyword: Influence, social media, motivation, agro tourism, Begonia

  1. S1-2015-319833-abstract.pdf  
  2. S1-2015-319833-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-319833-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-319833-title.pdf